Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MTA : Langkah Islami Menghindari Stress dengan Mencegah Penguasa Sewenang-Wenang

| July 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-01T14:46:59Z


Alamanahjurnalis.com - QS An-Nisaa' : 58 artinya, "Sungguh Allah menyuruh kamu sekalian menunaikan amanat kepada yang berhak. Jika kamu memutuskan perkara di antara manusia, putuskanlah dengan adil. Sungguh Allah sebaik-baik pemberi nasehat tentang keadilan kepada kamu. Sungguh Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat."

Ayat di atas menjelaskan bahwa orang-orang yang memegang kekuasaan atau memikul tanggungjawab dalam mengurus kepentingan masyarakat harus menegakkan keadilan.
Orang yang mendapat amanat (tanggungjawab) ini berkewajiban menunaikan amanat tersebut kepada yang berhak.

Orang-orang yang mengemban amanat umat atau memegang kekuasaan untuk mengatur kehidupan umat diwajibkan menegakkan keadilan. Bila mereka tidak menegakkan keadilan dalam melaksanakan tugas pemerintahan atau mengadili kasus-kasus yang terjadi di tengah masyarakat, pasti akan timbul kekacauan, permusuhan dan ketegangan di tengah masyarakat. Demikianlah sebab anggota masyarakat yang menjadi korban dari ketidakadilan penguasa akan melakukan perlawanan secara gigih.

Masyarakat yang merasakan tegaknya keadilan dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat tentu akan menikmati kehidupan penuh dengan perasaan damai dan tenteram. (Ninik QA)

×
Berita Terbaru Update