Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong Kab. Mojokerto, Jawa Timur

| August 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-30T13:45:19Z

Alamanahjurnalis.com - Kampung Majapahit Desa Bejijong adalah Desa Wisata berbasis seni budaya, sejarah, alam dan industri kreatif. Berlokasi di jantung bekas ibukota kerajaan Majapahit, Desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kampung Majapahit dikelilingi puluhan candi yang indah peninggalan Kerajaan Majapahit yang pernah jaya di tahun 1400 M dan hampir menguasai hampir 2/3 wilayah nusantara dan sebagai nasional spirit bangsa Indonesia saat ini, esok dan yang akan datang.

Kemegahan peninggalan Kerajaan Majapahit yakni Candi Brahu yang dibangun sejak masa Raja Brawijaya I dan merupakan candi tertua di antara candi-candi lain yang ada di Trowulan.

Daya tarik Desa Wisata Bejijong antara lain:
- Seni budaya Tari Mayang Rontek
- Situs Siti Inggil; Petilasan Raden Wijaya yang menjadi tonggak awal lahirnya Majapahit di tahun 1293 M
- Pojon Maja; Buah maja dengan rasa pahit dipercaya merupakan asal-usul nama Majapahit
- Patung Raden Wijaya
- Patung Gajah Mada
- Kategori CHSE; suvenir fesyen, suvenir kriya, kuliner, wedang secang, konten kreatif, edukasi kesenian, Tarian Dolanan dan Maha Vihara Majapahit.

Di wilayah desa ini juga sudah mendapat 2 predikat skala nasional dari Kemendikbud RI, yaitu 1. KCBN (Kawasan Cagar Budaya Nasional), 2. KSPN (Kawasan Strategis Pariwisata Nasional). Desa Bejijong mendapatkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 untuk mewujudkan desa wisata berkelas dunia, berdaya saing dan berkelanjutan. 
Sumber : Kemenparekraf
×
Berita Terbaru Update