Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polda Kaltim Berikan Pengamanan Aksi Unjuk Rasa Dan Terima Laporan Dari Ormas Dan Fatayat NU.

| August 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-02T10:30:00Z


Alamanah jurnalis - Balikpapan  Kepolisian Daerah Kalimantan Timur berikan pengamanan terhadap aksi unjuk rasa dari kelompok masyarakat di simpang empat Dome Balikpapan, Rabu (02/08/2023).

Aksi unjuk rasa yang datang dari kelompok LPADKT-KU dan Kalbar, Fatayat NU terkait permasalahan ujaran kebencian yang dilakukan Rocky Gerung.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto mengatakan bahwa pelaksanaan Pengamanan aksi unjuk rasa guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

“Hari ini kita lakukan pengamanan, pantau situasi dilapangan ditengah massa yang hadir, lakukan pendekatan terhadap massa agar tidak melakukan tindakan anarkis agar pelaksanaan ujuk rasa berjalan lancar dan kondusif”, ungkapnya.


Dimulai dari titik kumpul Dome menuju tugu KB melakukan bakar ban dan pemotongan hewan babi lalu melakukan pelaporan di SPKT Polda Kaltim. Kedatangan rombongan para aksi diterima baik di Polda Kaltim dan ditindak lanjuti laporan tersebut.

Selanjutnya Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo dalam kesempatannya mengatakan 
Saya bersama Kapolresta Balikpapan  Kombespol Anton Firmanto  dan KSPT Polda Kaltim AKBP Yustiadi menginventarisir sampai hari ini ada 4 laporan .Hari ini 2 yaitu dari Fatayat NU dan LPAD. KT ,
Timur , Utara dan Kalimantan Barat.Hari ini masanya ada 200 an pengunjuk rasa.Kemarin lebih banyak lagi.Kemarin hampir 500 penunjuk rasa . Semua berkumpul di lapangan Polda Kaltim .Tuntutannya hanya satu memproses secara hukum apa yang dilakukan oleh " RG "
Sementara penyampaian berita tersebut bukan terjadi di wilayah 
Kalimantan.Makanya laporan ini kami terima dulu nanti kami lakukan proses awal penyidikan lengkapi administrasi penyidikannya dan memang dimungkinkan karena delik ada diluar Kaltim.Apakah akan kita geser ke Mabes atau bagaimana nanti selanjutnya akan kita gelar perkara dulu.
Sedangkan bidang yang menangani krimiminal umum.
Daerah lain selain Balikpapan yakni Samarinda,PPU,Kutai Kartanegara.
Untuk pengamanan karena kita bekerjasama kita lakukan langkah langkah yang humanis dan persuasif ,komunikasi yang baik dengan para pengunjuk rasa dipimpin tadi oleh Kapolresta Balikpapan .Kita lakukan dengan baik  sehingga tidak ada gesekan " tutupnya.

Jurnalis : Lilik.S
Editor.    : Djoko Kariyono.
×
Berita Terbaru Update