Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Reaksi Dunia soal Gempa Dahsyat Maroko Tewaskan Ribuan Orang

| September 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-12T18:23:44Z


Alamanahjurnalis.com - Dilansir dari SINDONEWS.com - MARRAKESH - Gempa dahsyat magnitudo 6,8 yang mengguncang Maroko telah menewaskan ribuan orang. Para pemimpin dunia menyampaikan belasungkawa dan siap menyalurkan bantuan. Gempa pada Jumat malam waktu setempat melanda provinsi Al Haouz, Ouarzazate, Marrakesh, Azilal, Chichaoua dan Taroudant. Kementerian Dalam Negeri Maroko pada Sabtu (9/9/2023) mengatakan jumlah korban tewas telah mencapai 1.037 orang. Korban luka 1.200 orang, termasuk ratusan dalam kondisi kritis. Banyak bangunan kuno juga hancur.

Reaksi Dunia atas Gempa Dahsyat Maroko

Indonesia 

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa melalui media sosial X. "Saya turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya kepada masyarakat Maroko setelah gempa tragis. Pikiran dan doa kami bersama para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak insiden ini," bunyi terjemahan bahasa Inggris dari posting akun resmi Presiden Jokowi. 

Uni Afrika 

Ketua Komisi Uni Afrika Moussa Faki Mahamat menyatakan “kepedihan yang luar biasa” atas gempa bumi dahsyat di Maroko. “Saya mengetahui dengan sangat sedih atas konsekuensi tragis gempa bumi yang melanda kerajaan Maroko,” kata Mahamat, sambil menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Raja Mohammed VI, rakyat Maroko, dan keluarga para korban.

China 

Presiden China Xi Jinping mengirimkan pesan belasungkawa kepada Raja Mohammed VI dari Maroko. Demikian laporan stasiun televisi pemeritah China, CCTV. “Saya terkejut mengetahui bahwa gempa bumi kuat telah terjadi di negara Anda yang terhormat, menyebabkan banyak korban jiwa dan kerusakan properti,” kata Xi. “Atas nama pemerintah dan rakyat China, saya ingin menyampaikan duka mendalam saya terhadap para korban dan belasungkawa yang tulus kepada keluarga mereka. Saya percaya bahwa, di bawah kepemimpinan Yang Mulia Raja, pemerintah dan rakyat Maroko akan mampu mengatasi dampak bencana ini dan membangun kembali tanah air mereka secepatnya.” 

Uni Eropa 

Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pusat tanggap daruratnya sedang memantau situasi dan siap membantu. 

Prancis 

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengirimkan pesan belasungkawa, dan menambahkan Prancis siap memberikan dukungan medis. “Kami semua terkejut setelah gempa bumi dahsyat di Maroko. Prancis siap membantu respons pertolongan pertama,” kata Macron. Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna mengatakan: “Solidaritas dengan Maroko dan teman-teman kita, rakyat Maroko setelah gempa dahsyat malam tersebut. Rasa belas kasih untuk para korban dan keluarga mereka serta kekaguman atas kerja tim penyelamat yang tanpa henti membantu korban luka.” 

Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengungkapkan kesedihannya atas bencana tersebut. “Gambaran buruk datang dari Maroko. Bersama masyarakat Maroko, kami berduka atas para korban gempa dahsyat tersebut. Pikiran kami bersama mereka dan semua orang yang mencari mereka yang terkubur pada jam-jam ini dan berjuang demi nyawa banyak orang yang terluka,” kata Baerbock. 

India 

Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan pesan belasungkawa pada pertemuan puncak G20 di New Delhi. “Kami berdoa semoga semua korban luka segera sembuh. Seluruh komunitas dunia bersama Maroko di masa sulit ini dan kami siap memberikan semua bantuan yang mungkin mereka berikan,” kata Modi. 

Federasi Internasional Palang Merah (IRFC) dan Bulan Sabit Merah

Tommaso Della Longa, juru bicara IFRC, mengatakan unit tanggap darurat siap dikerahkan ke Maroko dalam 24 hingga 48 jam. “Mereka berspesialisasi dalam berbagai kegiatan seperti bantuan kemanusiaan, sanitasi air dan layanan kesehatan,” katanya kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa mobilisasi mereka hanya dapat dilakukan atas permintaan pemerintah setempat. “24 hingga 48 jam pertama sangat penting untuk menyelamatkan nyawa orang-orang yang tertimbun reruntuhan,” kata Longa. 

Israel 

Pemerintah Israel mengumumkan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pertahanan sedang mempersiapkan tim yang akan dikirim ke Maroko untuk memberikan bantuan penyelamatan dan operasi pertolongan pertama bagi korban gempa. Pemerintah mengatakan sedang mempersiapkan kemungkinan penempatan personel bantuan dengan berkoordinasi dengan pihak berwenang di Maroko. 

Qatar 

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada Raja Mohammed VI. Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani juga melakukan panggilan telepon dengan Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch untuk menyampaikan belasungkawa dan berdoa pemulihan yang cepat bagi yang terluka. Sheikh Mohammed mengatakan Qatar berdiri dalam solidaritas dengan “saudara-saudara Maroko dalam situasi yang sulit ini” dan siap memberikan semua bantuan yang diperlukan.

Rusia 

Presiden Rusia Vladimir Putin mengirim pesan kepada Raja Maroko Mohammed VI. “Terimalah belasungkawa tulus saya atas dampak tragis gempa bumi dahsyat yang terjadi di wilayah tengah negara Anda. Rusia merasakan kekhawatiran dan kesedihan yang sama dengan masyarakat Maroko,” kata Putin. “Tolong sampaikan kata-kata simpati dan dukungan kepada keluarga dan sahabat para korban, serta harapan agar cepat sembuh kepada semua pihak yang menderita akibat bencana alam ini.”

Spanyol 

Pelaksana Tugas Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menyatakan solidaritasnya dengan warga Maroko yang menjadi korban gempa. “Seluruh solidaritas saya dengan rakyat Maroko dalam menghadapi gempa bumi yang dahsyat… Spanyol mendukung para korban tragedi ini dan keluarga mereka,” kata Sanchez.

Taiwan 

Departemen Pemadam Kebakaran Taiwan mengatakan pihaknya memiliki tim yang terdiri dari 120 penyelamat yang bersiaga untuk berangkat ke Maroko setelah mendapat instruksi dari Kementerian Luar Negeri Taiwan. 

Turki 

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memposting pesan di media sosial X: “Kami mendukung saudara-saudara Maroko kami dengan segala cara di hari yang sulit ini.” Dalam pernyataan terpisah, Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan Ankara bersedia memberikan dukungan apa pun untuk menyembuhkan luka para korban gempa bumi di Maroko. 

Uni Emirat Arab

Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab menyampaikan belasungkawa kepada pemerintah dan rakyat Maroko, keluarga para korban tragedi ini, serta harapannya agar semua orang yang terluka dapat segera pulih. 

PBB 

PBB siap membantu pemerintah Maroko dalam usahanya membantu masyarakat yang terkena dampak. Demikian disampaikan juru bicara PBB Stephane Dujarric dalam sebuah pernyataan. Dujarric mengatakan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres “sedih” mendengar kehancuran akibat gempa bumi. “Sekretaris Jenderal menyampaikan solidaritasnya kepada pemerintah dan rakyat Maroko di masa-masa sulit ini. Dia menyampaikan belasungkawa yang paling tulus kepada keluarga para korban dan mendoakan agar korban luka segera pulih,” katanya. 

Amerika Serikat 

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan simpatinya kepada para korban gempa. "AS siap memberikan bantuan apa pun yang diperlukan," katanya. “Saya sangat sedih atas hilangnya nyawa dan kehancuran akibat gempa bumi di Maroko,” kata Biden dalam sebuah pernyataan. “Pikiran dan doa kami menyertai semua yang terkena dampak kesulitan yang mengerikan ini.” (*nqa*)
×
Berita Terbaru Update