Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenapa Israel Ingin Merebut Masjid Al Aqsa?

| October 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-16T08:15:40Z


Alamanahjurnalis.com Dilansir dari news.okezone.com - Kenapa Israel ingin merebut Masjid Al Aqsa tentu saja wajib dibahas saat ini. Konflik panas antara Israel dan Palestina kembali memanas pada awal Oktober 2023 kemarin.

Hubungan kedua negara ini sudah tidak baik-baik saja sejak 1940-an. Alasan yang paling mendasar kenapa Israel dan Palestina saling serang adalah untuk memperebutkan wilayah. Salah satu wilayah yang diperebutkan adalah kompleks Masjid Al Aqsa.

Lantas, kenapa Israel ingin merebut Masjid Al Aqsa?

Dilansir dari berbagai sumber lain, Sabtu (14/10/2023) Masjid Al Aqsa yang berada di Kota Tua Yerusalem memiliki arti penting dan sangat sensitif bagi Israel dan Palestina dari dimensi agama dan kepercayaan sehingga diperebutkan.

Bagi umat Islam di Palestina maupun seluruh dunia, masjid tersebut dianggap sebagai tempat suci ketiga setelah Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah. Hal ini karena Masjid Al Aqsa dipercaya sebagai tempat dimana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan Isra Mi’raj ke surga.

Sama halnya dengan umat muslim, bagi warga Israel Masjid Al Aqsa atau Temple Mount dipandang sebagai tempat tersuci dalam agama Yahudi. Pasalnya, mereka percaya bahwa Raja Salomo membangun kuil Yahudi pertama di sana pada 3.000 tahun yang lalu. Kemudian Bangsa Romawi menghancurkan kuil kedua di lokasi tersebut pada 70 M. Baru setelah itu dibangunlah Masjid Al Aqsa oleh khalifah kedua Islam, Omar.

Mereka juga percaya bahwa Abraham atau Nabi Ibrahim (dalam agama Islam) melakukan ritual kurban di lokasi tersebut. Atas beberapa alasan tersebut, Israel setuju orang Yahudi wajib memelihara dan melindungi keberadaan Temple Mount.

Kompleks Masjid Al Aqsa sebenarnya telah direbut oleh Israel setelah Perang Enam Hari pada 1967. Namun, Israel memberikan kendali atas wilayah tersebut kepada kelompok Islam.

Kendati demikian, pasukan Israel masih bisa pergi ke sana dan mereka juga mengizinkan kelompok agama lain, seperti jamaah Kristen untuk berkunjung. Namun mereka dilarang berdoa di sana karena dipicu memunculkan kekhawatiran di kalangan jamaah Muslim.

Kepala Rabbi Israel juga melarang sebagian besar orang Yahudi untuk masuk kesana karena ketidakmurnian ritual. Sehingga hingga saat ini orang Yahudi berdoa di Tembok Barat, sisa terakhir kuil kedua

Demikian alasan kenapa Israel ingin merebut Masjid Al Aqsa. (nqa)
×
Berita Terbaru Update