Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berdoa dan Bertawasul dengan Istighfar kepada Allah SWT

| November 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-23T03:27:30Z


Alamanahjurnalis.com - Tawasul secara bahasa artinya perantara dan mendekatkan diri, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT:

يآأَيُّهاَ الَّذِيْنَ آمَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيْلَةَ

"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya." (Al-Maidah:35).

Dikutip dari NU Online, tawasul adalah salah satu cara umat Islam dalam berdoa kepada Allah SWT. Tawasul dilakukan dengan suatu wasilah atau segala sesuatu yang dapat dijadikan perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah agar doa dikabulkan.

Tawasul dapat dilakukan dengan wasilah amal, wasilah orang-orang yang dekat dengan Allah atau wasilah lainnya. 

Dikutip dari terjemahan Al-Adzkar, diantara keterangan yang paling baik bersumber dari para ulama Salaf tentang doa adalah yang diceritakan dari Al Auza'i rahimahullah.
Ia berkata : "Orang-orang keluar rumahnya memohon hujan. Berdirilah diantara mereka Bilal bin Sa'ad, lalu ia mengucapkan puji kepada Allah Ta'ala, kemudian ia berkata, "Wahai hadirin semuanya, apakah kalian telah menyatakan ikrar bahwa kalian bersalah?". Mereka menjawab, "Ya, tentu saja".

Maka iapun membaca, "Ya Allah, kami telah mendengar Engkau berfirman (dalam surat At Taubah ayat 91) yang artinya : "….. tidak ada jalan sedikitpun untuk menyalahkan orang-orang yang berbuat baik ….., sedang kami telah berikrar menyatakan kesalahan kami, maka tidak ada maghfirah-Mu kecuali untuk kami. Ya Allah ampuni kami, berilah rahmat kepada kami dan berilah kami air".

Lalu Bilal bin Sa'ad mengangkat tangannya dan para hadirinpun semuanya mengangkat tangan mereka, lalu turunlah hujan untuk mereka.

Jadi tawasul merupakan pintu dan perantara doa untuk menuju atau mendekatkan diri kepada Allah SWT, antara lain dengan membaca Istighfar sebelum berdo'a.
×
Berita Terbaru Update