Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kurikulum Madrasah Diniyah Awaliyah Al Amanah

| November 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-20T00:03:27Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Madrasah Diniyah adalah salah satu lembaga pendidikan keagamaan pada jalur luar sekolah yang diharapkan mampu secara menerus memberikan pendidikan agama Islam kepada anak didik yang tidak terpenuhi pada jalur sekolah yang diberikan melalui sistem klasikal serta menerapkan jenjang pendidikan, yaitu Diniyah Awaliyah, Diniyah Wustho dan Diniyah Ulya.

Berdasarkan Undang-Undang Pendidikan dan Peraturan Pemerintah, Madrasah Diniyah adalah bagian terpadu dari pendidikan nasional untuk memenuhi permintaan masyarakat tentang pendidikan agama. Madrasah Diniyah termasuk ke dalam pendidikan yang dilembagakan dan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik dalam penguasaan terhadap pengetahuan agama Islam.

Madrasah Diniyah Al Amanah melakukan modifikasi kurikulum yang dikeluarkan Departemen Agama, namun disesuaikan dengan kondisi lingkungannya, dan sebagian menggunakan kurikulum sendiri menurut kemampuan dan persepsinya masing-masing.

Materi Pelajaran Madrasah Diniyah Awaliyah Al Amanah meliputi : 
1. Aqidah, yaitu rukun iman dan rukun Islam,
2. Akhlak, yaitu pendidikan moral Islam,
3. Fiqih, yaitu ibadah shalat, dan hafalan Juz 'Amma,
4. Tarikh, yaitu kisah nabi dan rasul, kisah Nabi Muhammad SAW,
5. Bahasa Arab disesuaikan dengan Buku Siswa dari Kementerian Agama.

Program Madrasah Diniyah Awaliyah Al Amanah diperuntukkan bagi anak-anak berusia 7 hingga 12 tahun dan lebih ditekankan pada pembinaan keagamaan yang diselenggarakan sore hari.
×
Berita Terbaru Update