Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pertemuan Sosialisasi Tenaga Pelayanan Kesehatan Tradisional EMPIRIS Pemalang

| November 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-28T11:57:37Z


Alamanahjurnalis.com -
Pemalang, Sosialisasi perijinan tenaga pelayanan kesehatan tradisional seluruh Kabupaten Pemalang, di Hotel Regina Pada Hari Selasa, 28-11-2023.

Disampaikan oleh dokter Abdul Haris dari Dinas Kesehatan Pemalang bahwa Dinas Kesehatan mewadahi semua tenaga pelayanan kesehatan tradisional (tukang pijit, bekam, pedagang/peracik jamu) dengan pembinaan, agar mereka mencapai standar kesehatan. 

Sedangkan perijinan sangat penting, agar home industri pelayanan kesehatan tradisional memiliki legalitas dari Pemerintah.

"Contohnya dukun bayi, profesi tersebut tidak dihilangkan tetapi berkolaborasi dengan bidan Puskesmas agar dalam menangani ibu melahirkan bayi sesuai dengan standar kesehatan," paparnya.

Menurut Nuryani, SH., MH selaku DPRD Pemalang dari Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan secara spesifik, proses perijinan home industri jamu tradisional. Bahwa pembuatan ijin yang dilakukan pada tahun 2023 tidak dipungut biaya serupiah pun.

"Saya memberi masukan bahwa setiap orgnisasi harus mendapatkan ijin. Karena ijin merupakan bukti perlindungan hukum bagi organisasi tersebut. Kami juga melakukan pengecekan apakah anggaran dari kami tepat sasaran atau tidak," ungkapnya.


Miskia dari Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading selaku utusan dari Puskesmas Losari menyampaikan bahwa usaha jamu tradisional yang selama ini telah berjalan bertahun-tahun memang tanpa ijin dari Dinas Kesehatan.

"Pekerjaan saya, selaku penjual jamu, dengan racikan kunyit, asam, cabe dan lempuyang. Kemarin ada sosialisasi untuk membuat sertifikat khalal. Bagaimana pendapat pemerintah,"  tanya Miskia.

Dijawab Nuryani bahwa sertifikat khalal semua produk makanan dan minuman tersebut dari Kemenag (Kementerian Agama RI) sebab pada pertengahan tahun 2024 para pengusaha diharuskan punya sertifikat khalal.

(Suhari, Kustajianto)
×
Berita Terbaru Update