Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Situs Calon Arang Kediri dan Cerita Leak di Bali

| February 13, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-13T10:30:54Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Situs Calon Arang merupakan sebuah tempat bersejarah peninggalan era Kerajaan Kediri. Lokasinya berada di Dusun Butuh, Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. Situs petilasan Calon Arang, berselimut kisah mistis yang kental. Destinasi wisata sejarah ini sangat penting untuk budaya Jawa dan Bali. 

Area situs luasnya sekitar 250 meter persegi yang dikelilingi oleh pohon rindang, bersebelahan dengan lahan tanah milik warga membuat suasana terik dan panas sekalipun akan terasa sejuk dan rindang. Lokasi situs dilengkapi dengan pagar pengaman dan dijaga oleh juru pelihara. 

Kisah Calon Arang yang dikenal di Jawa dan Bali, seorang janda sakti pemuja Dewi Durga yang hidup di masa Raja Airlangga dari Kediri. Disebut-sebut Calon Arang adalah penyihir sakti mandraguna yang punya anak cantik jelita bernama Ratna Manggali, tapi tidak ada yang berani menikahinya karena ibunya tukang tenung. 

Cerita Calon Arang adalah bentuk kearifan lokal masyarakat yang bisa menjadi kekayaan budaya untuk dapat dikenali generasi muda saat ini. 

Calon Arang ada dua jenis, yakni sebagai situs cagar budaya yang dilindungi UU Nomor 11 Tahun 2010. Sebab di sana, ditemukan berupa batu umpak, doorpel dan komponen batu lainnya. 

Sisi lain berupa aspek cerita Calon Arang yang masih menjadi warisan budaya tak berbenda. Ini juga dilindungi oleh UU Nomor 5 Tahun 2017.

Pemerintah Kabupaten Kediri menyinergikan dua kekayaan ini dengan berbagai kegiatan budaya antara lain setiap Suro di situsnya.

Dalam tradisi masyarakat Bali, cerita janda sakti ditulis pada naskah Geguritan yang bernama Serat Calon Arang. Menurut peziarah asal Bali, kisah Calon Arang ini memang menjadi pembicaraan bagi warga Bali daripada tempat asalnya yakni Jawa khususnya Kediri ini. 

Masyarakat Bali khususnya yang beragama Hindu memang mengagungkan Calon Arang sebagai seorang ibu yang mempertahankan citra perempuan. 

Keterangan yang paling sering diucapkan oleh para peziarah dari Bali bahwa mereka percaya jika pohon preh tersebut menjadi tempat bersemayamnya Leak, makhluk mitologi Bali yang mempunyai ciri-ciri bergigi taring, badan tinggi, dengan lidah menjulur panjang. 

Sumber : 
1. jatimnow.com
2. kediripedia.com
3. surabayaraya.pikiran-rakyat.com
4. travellersblitar.com
5. travel.detik.co.

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update