Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tujuan dan Sumber Dana Program Makan Siang Anak Gratis Presiden-Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran

| April 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-25T02:40:58Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran memiliki program unggulan yaitu makan siang anak gratis seperti yang telah dijanjikan. 

Melansir dari cnnindonesia.com Program Makan Siang Anak ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan kesehatan anak dan ibu hamil, mencegah stunting dan kematian ibu saat melahirkan, menambah pertumbuhan ekonomi 1,6 persen hingga 2 persen, tambahan pertumbuhan ekonomi dihasilkan dari serapan produk pertanian dan peternakan untuk program tersebut. 

Kebutuhan produk pertanian dan peternakan untuk menopang program ini yaitu 6,7 juta ton beras, 500 ribu ton daging sapi, 1,2 juta ton daging ayam, 1 juta ton daging ikan, beragam sayur dan buah-buahan, 4 juta liter susu sapi. 

Makan siang anak gratis akan dibagikan kepada 82,9 juta orang miskin, yang terbagi dalam 3 golongan yaitu 74,2 juta anak sekolah, 4,3 juta santri, 4,4 juta ibu hamil. 

Anggota Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Drajat Wibowo mengatakan ada empat sumber dana yang bisa dipakai agar program tidak membebani APBN yaitu :
1. Revisi satu pasal dari satu aturan yang bisa menambah kas negara hingga ratusan triliun, 
2. Dana dari kasus yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) sekitar Rp. 90 triliun, 
3. Merombak aturan perpajakan, salah satunya terkait pajak pertambahan nilai (PPN), 
4. Digitalisasi di berbagai sektor ekstraktif. 

Makan siang anak gratis ini menargetkan di SD sepanjang hari pembelajaran untuk anak dari rumah tangga berpenghasilan rendah. 

(Redaksi)
×
Berita Terbaru Update