Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dakwah Pengabdian Masyarakat FDK UINSA

| May 19, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-18T23:39:46Z


Alamanahjurnalis.com - Surabaya - Pengabdian masyarakat adalah salah satu dari tridharma perguruan tinggi. Sebuah program yang didesain khusus untuk menyapa, mengedukasi dan membersamai masyarakat untuk capaian program tertentu. 

Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel memiliki caranya sendiri dalam usaha pengabdian masyarakat. Sebut saja upaya  berdakwah sesuai basis keilmuan yang dimiliki civitas akademik yang berlokasi di Surabaya tersebut.

Kelurahan Keputih, Sukolilo Kota Surabaya dipilih sebagai lokasi pengabdian masyarakat. Tepatnya di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Baiturrahman. Acara berlangsung satu hari pada rabu (15/5/2024). 

Pelaksanaan agenda ini dibimbing langsung oleh pakar Ilmu Dakwah yaitu Prof M. Ali Aziz, M.Ag. Menurutnya mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi akan berkembang dan tumbuh dalam lingkungan masyarakat. Program semacam ini dilakukan agar bisa berlatih mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat dari bangku kuliah. 

Pelaksana dari program ini antara lain mahasiswa program studi Bimbingan Konseling Islam (BKI) Kelas B2 semester II, program studi Manajemen Dakwah (MD) Kelas D2 dan D3 semester II. Mereka melaksanakan tugasnya masing-masing, sesuai jadwal dan tema yang telah ditetapkan dalam program ini. 

Bentuk kegiatan secara umum antara lain dakwah model ceramah dan edukasi mengenai tata kelola lembaga dakwah. 
Ditunjang kepanitiaan yang baik sehingga agenda pengabdian masyarakat ini berjalan dengan sukses. 

Bagi Haikal Ketua Kelas MD D2, acara seperti ini sangat bermanfaat untuk para mahasiswa dan mahasiswi, serta menjadi pengalaman dengan diajarkan terjun langsung ke lapangan sebagai praktek keilmuan akademis.
 
“Jadi kita juga diajari kuat mental dalam usaha dakwah sembari berbagi pengetahuan pada lingkungan masyarakat kita” ujarnya bersemangat.

Jurnalis : Tias Satrio Adithama
×
Berita Terbaru Update