Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Air Terjun Dolo yang Eksotis di Gunung Wilis Kediri

| June 27, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-27T11:19:30Z


ALAMANAHJURNALIS.COM - Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1.800 meter di atas permukaan laut (dpl).

Sensasi dan misteri Air Terjun Dolo tidak membuat wisatawan untuk tidak berkunjung ke air terjun ini. Sejarah penamaan Air Terjun Dolo merujuk kepada diksi Dolo yang berarti bergelantungan, atau gemandul, atas benda tadi. Pemberian nama Air Terjun Dolo juga berasal dari kata 'Gundul Tola Tolo'.

Trekking menuju lokasi utama Air Terjun Dolo lumayan jauh, namun jalurnya sudah tertata berbentuk anak tangga yang terbuat dari lapisan batu muka dan semen yang berjumlah sekitar 1.000 anak tangga. Namun, perjalanan para wisatawan langsung terbayar begitu sampai di lokasi. Pemandangan eksotis bakal menjadi sajian utamanya. Air terjun setinggi 125 meter yang sangat jernih akan sangat menawan hati.

Cipratan air dan suara air terjun membuat area ini sangat tenang. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan di bawahnya sekitar 2 - 5 meter. Di sini, juga bisa menikmati taman bermain, area untuk jogging, hiking, area untuk berkemah dan lain sebagainya.

Wahana wisata di kawasan kaki Gunung Wilis juga menawarkan tantangan kepada para pengunjung yaitu "Kelokan Sembilan" di mana jalan searah dari bagian atas didesain berkelok-kelok sebanyak sembilan kali. Akses menuju Air Terjun Dolo cukup mudah dijangkau, jaraknya tidak begitu jauh dari pusat kota, hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. (Djoko K)
×
Berita Terbaru Update