Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wajah Baru Wisata Gunung Kelud di Kediri

| June 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-28T02:42:39Z


Alamanahjurnalis.com - Gunung Api Kelud terletak di Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang, Jawa Timur dengan posisi geografis di Latitude -7.93°LU, Longitude 112.308°BT. Gunung Kelud memiliki ketinggian 1.731 mdpl dan merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Sempat meletus 8 tahun lalu, tepatnya pada 13 Februari 2014. Letusan di tahun 2014 itu rupanya cukup dahsyat hingga mengubah sebagian tampilannya, namun Gunung Kelud tetap menarik untuk dikunjungi.

Berwisata ke Gunung Kelud via Kediri, pengunjung bisa menyaksikan indahnya kawah berwarna hijau yang dikelilingi perbukitan yang dikelilingi oleh tiga puncak utama, yaitu puncak Kelud, puncak Sumbing dan puncak Gajah Mungkur. Momen favorit pendaki adalah saat sunrise di puncak Gajah Mungkur dan panjat tebing di puncak Sumbing.

Terowongan lahar masih ada tetapi pemandian air panas kini telah hilang karena tertutup oleh tanah letusan.
Di jalan menuju puncak Gunung Kelud terdapat "jalan misteri" karena terdapat keanehan. Sebenarnya jalan ini merupakan jalan miring yang menimbulkan ilusi mata. Wisatawan yang membawa kendaraan direkomendasikan untuk mematikan mesin di sini. Akan terlihat kendaraan seolah bergerak naik dengan sendirinya. Ini menjadi fenomena alam yang belum diketahui tentang kejelasannya.

Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Kelud antara lain Taman Agro Margomulyo yang menyajikan keindahan berbagai jenis bunga, Kampung Indian yang menawarkan nuansa Indian seperti di Amerika dengan tombak-tombak suku Indian yang tersusun berjajar hingga tenda-tenda yang berwarna-warni. Selain itu, ada Kampung Nanas yaitu perkebunan nanas di mana pengunjung bisa memetik sendiri.
Wisata Gunung Kelud tidak terlalu jauh dengan pusat kota Kediri, hanya sekitar 30 km dengan jalan yang sudah beraspal dan untuk mencapai gerbang masuk, hanya perlu jalan kaki. (Djoko K)
×
Berita Terbaru Update