Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Goa Selomangleng, Pertapaan Sang Putri di Kediri

| June 28, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-28T11:50:31Z



Alamanahjurnalis.com - Goa Selomangleng ialah sebuah goa buatan yang dibentuk menggunakan batu andesit hitam, Kata “Selo” berarti batu dan “Mangleng” berarti miring karena permukaan tanah di sekitar goa yang cukup landai.

Goa Selomangleng terletak di kaki Gunung Klotok Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, yang merupakan wilayah sebelah barat Kota Kediri.

Goa ini diperkirakan dibuat pada abad 10 – 11 Masehi. Berdasarkan cerita rakyat, Goa Selomangleng adalah tempat pertapaan Dewi Kilisuci (Sanggramawijaya Tunggadewi), putri mahkota Raja Airlangga (Kerajaan Kahuripan).

Kompleks goa plus museum ini berdekorasi relief ukiran, menampilkan alam yang indah serta udara yang masih sejuk. Obyek wisata Goa Selomangleng buka setiap hari dengan operasional jam 07.00 – 17.00 WIB, harga tiket masuk yang terjangkau dengan fasilitas antara lain tempat parkir yang cukup luas, warung wisata, kolam pemandian berbayar, spot foto instagenic maupun pagelaran budaya.

Destinasi wisata sejarah ini ramai dikunjungi jika akhir pekan, banyak keluarga yang mengajak anak-anak mereka untuk menghabiskan waktu bersama.
×
Berita Terbaru Update