Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

ANJURAN ABU BAKAR RA. DAN ALI BIN ABI THALIB RA, KEPADA PARA MANUSIA AGAR MEREKA BERSABAR ATAS KEMATIAN ORANG-ORANG TERRDEKAT

| July 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T23:16:01Z


Alamanahjurnalis.com
Dikeluarkan oleh Ibnu Abi Khaitsamah, ad-Dainawari dalam al-Mujalasah, dan Ibnu Asakir dari Abi “Uyainah ra. ia berkata: “Adalah Abu Bakar ra. setiap menghibur orang yang terkena musibah ia berkata: “Sesungguhnya musibah itu tak pernah ada selama ada ta'ziyah/hiburan (dari suatu musibah agar orang tak sedih), dan sesungguhnya, berputus asa itu tak ada gunanya. Kematian adalah sesuatu yang sebelumnya adalah lebih ringan, dan lebih berat (jenjang) setelahnya. Ingatlah kalian akan musibah kematian Rasulullah saw., niscaya kalian akan lebih ringan dalam menghadapi musibahmusibah lainnya, dan Allah swt akan lebih memperbesar pahala-Nya buat kalian”. (demikianlah dalam al-Kanzu: jilid 8, hal. 123). 

Dikeluarkan oleh Ibnu Asakir dari Sufyan ia berkata: “Ali bin Abi Thalib ra. memberi ta'ziyah (hiburan atas kesedihannya) kepada al-Asy'ats bin Gais ra. atas kematian anaknya, ia berkata: “Jika kau bersedih, maka ini adalah sesuatu yang biasa, karena ia adalah anakmu. Jika kau bersabar, Allah swt pasti akan mengganti anakmu dengan yang lebih baik. Ketahuilah! Jika kau bersabar sesungguhnya gadar itu tetap berjalan dan kau akan mendapatkan pahala, jika kau besedih dan berputus asa, gadar itu tetap juga berjalan tapi kau akan mendapatkan dosa”. (demikianlah dalam al-Kanzu: jilid 8, hal. 123).(*)
×
Berita Terbaru Update