Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Candi Borobudur : Warisan Budaya Dunia

| July 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-05T07:54:27Z


Alamanahjurnalis.com - Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Jl. Badrawati No. 9 Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini terletak kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.

Dikutip dari beberapa sumber, Borobudur berasal dari bahasa Sansekerta ‘Vihara Buddha uhr” yang berarti Bihara Buddha di Bukit. Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Sailendra antara 780 – 840 Masehi. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Buddha dan tempat ziarah. Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha. Peninggalan ini ditemukan oleh pasukan Inggris pada tahun 1814 di bawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles, area candi dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Candi Borobudur dibangun dengan gaya Mandala, yang terdiri atas jutaan blok batu yang dibuat ke dalam tiga struktur yang menggambarkan tingkatan alam semesta menurut filsafat Buddha yaitu Kamadhatu, Rupadhatu dan yang tertinggi Arupadhatu. Bangunan kolosal ini juga dihiasi oleh 2.672 panel relief dan 504 patung Buddha dengan sikap meditasi dan enam posisi tangan yang berbeda di sepanjang candi.

Candi Borobudur memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi dengan panjang 121,66 meter, lebar 121,38 meter dan tinggi 35,40 meter. Serambi pada bagian ini terdapat stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi. Secara keseluruhan terdapat 72 stupa, stupa terbesar yang berada di tengah yang memiliki tinggi 42 meter di atas tanah dengan diameter 9,9 meter.

UNESCO menetapkan mahakarya agung tersebut sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1991 bersama-sama dengan Candi Pawon dan Candi Mendut. Candi yang sangat megah dan rupawan ini telah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara sebagai kuil Buddha terbesar di dunia. Setiap tahunnya, kompleks candi Borobudur menjadi pusat perayaan hari raya Waisak dan didatangi oleh umat Buddha dari berbagai negara pada saat bulan purnama di bulan Mei (Purnama Siddhi), yang puncak perayaannya dengan melakukan pelepasan ratusan lampion ke langit beserta harapan terbaik untuk satu tahun ke depan. (Editor : Ninik QA)
×
Berita Terbaru Update