Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Himbauan Dewan Pers kepada Jurnalis Di Seluruh Nusantara

| July 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-03T11:05:19Z



Jakarta, Dewan Pers menyampaikan pesan penting kepada insan pers terkait pemberitaan Pemilu 2024.

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu menyampaikan pesan tersebut dalam sambutan acara ‘Kick Off Workshop Peliputan Pemilu 2024’ di Hall Dewan Pers, Jakarta.

Pihaknya meminta insan pers mengutamakan kepentingan rakyat dalam memberitakan tentang Pemilu 2024 untuk menjaga suasana kondusif.

Ia menambahkan, pers bertanggung jawab memberikan informasi yang akurat, kredibel, dan dapat menambah daya intelektual masyarakat. Pers juga tidak bisa lepas dari fungsi kontrol terhadap apa yang diketahui. Kritikan dan masukan yang disampaikan pers hendaknya memenuhi kebutuhan informasi masyarakat dan tidak sekadar sesuai keinginan rakyat saja.

Sesuai amanah Undang-Undang Pers, tutur Ninik, pers wajib memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi. Hak mendapatkan informasi dan hak kebebasan berekspresi ini pada dasarnya merupakan hak asasi manusia.

Ia meminta kepada insan pers agar tidak melebihkan maupun mengurangi informasi yang dibutuhkan publik dalam menyajikan berita.

Ninik menegaskan bahwa langkah tersebut bertujuan agar masyarakat mendapatkan edukasi yang cukup.

Selain itu, Ninik juga mengajak kepada semua pihak untuk berkolaborasi dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Pihak-pihak tersebut termasuk partai politik (parpol), pemangku kepentingan, masyarakat, serta insan pers baik yang berbasis media maupun yang berbasis masyarakat.

Menurutnya, semua elemen bangsa Indonesia merupakan bagian penting dalam mewujudkan ekosistem demokrasi yang lebih baik melalui Pemilu yang baik pula.

Ia berharap satu dengan yang lainnya bisa bersinergi sehingga dapat mewujudkan demokrasi yang diharapkan.(*/hdw)
×
Berita Terbaru Update