Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Keagungan Ilmu

| July 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-16T12:45:51Z


Alamanahjurnalis.com - Dikutip dari buku Duratunnasihin, oleh Abuhurairah diriwayatkan bahwa Rasulullah saw bersabda : Barangsiapa menempuh jalan menuntut ilmu, Allah menunjukkan baginya jalan ke syurga. Sesungguhnya apa yang di langit dan apa yang di bumi sampai-sampai ikan di laut memintakan ampun bagi orang alim. Dan sesungguhnya ulama itu adalah pewaris-pewaris para nabi.

Diriwayatkan oleh Abu Dhar bahwa Rasulullah saw bersabda : Bahwasanya perjalananmu untuk belajar satu bab dari kitab Allah lebih baik bagimu dari pada bersembahyang seratus rakaat, dan perjalananmu  untuk mengajar suatu bab dari ilmu -diamalkan ilmu itu atau tidak- lebih baik bagimu dari sembahyang seribu rakaat. Dan barangsiapa mempelajari sesuatu bab dari ilmu untuk diajarkan kepada orang lain akan diberi pahala tujuhpuluh nabi. Barangsiapa duduk di depan seorang alim barang sejam-dua jam, mendengar daripadanya sepatah-dua patah kata, makan bersama sesuap-dua suap dan atau jalan bersama selangkah dua langkah akan dikaruniai Allah dua syurga, tiap syurga sebesar dunia ini dua kali.

Berkata Ibnu Abbas ra : Bahwasanya kedudukan para ulama adalah lebih tinggi dari orang-orang mu'min dengan tujuh ratus derajat, antara tiap dua derajat perjalanan lima ratus tahun.

Bersabda Rasulullah saw : Kebajikan dan kemuliaan dunia dan akhirat menyertai ilmu dan seorang alim lebih afdhal di hadapan Allah dari seribu orang syahid. (Ninik Q.A)
×
Berita Terbaru Update