Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaat Wudhu Yang Belum Diketahui Banyak Orang

| July 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-15T09:46:03Z


Alamanahjurnalis.com
Wudhu' mempunyai sisi lain yang sangat luar biasa terhadap pengaruh aspek batin seseorang. Dikutip dari Nasaruddin Umar dalam 40 Seni Hidup Bahagia Berdasarkan Tutunan Al-Quran, As-Sunnah, dan Salafush Shalihin, Baron Omar Rolf Ehren Fels, seorang pakar dan juga seorang neurolog serta sekaligus psikiater, menulis Disertasinya tentang wudhu'.

Dalam salah satu penelitiannya disebutkan bahwa pusat kesadaran manusia terletak pada muka, tangan dan kaki. Kalau seseorang syarafnya lemah, orang tersebut akan ngantuk, loyo dan tidak bergairah. Sehingga, membasuh anggota-anggota badan tadi (dalam berwudhu') dengan air segar akan pulih sekian persen. Yang menarik dari disertasi itu adalah rekomendasinya yang menegaskan bahwa seharusnya wudhu' itu bukan hanya milik umat Islam, akan tetapi milik umat manusia secara keseluruhan.

Lagi pula, menurut Imam Al-Ghazali organ tubuh yang harus dibasuh sewaktu berwudhu' adalah organ tubuh yang paling sering melakukan dosa. Dan, yang jauh lebih mengejutkan lagi, ulama-ulama tempo dulu menemukan bahwa antara air yang sudah digunakan untuk berwudhu' dengan air yang belum dipergunakan untuk berwudhu'. Sehingga, ada pertanyaan yang mengatakan bahwa tetesan air wudhu' itu lebih hitam dari tinta hitam, sehingga tidak boleh menggunakan air musta'mal (air yang sudah digunakan untuk berwudhu').(Djoko K)
×
Berita Terbaru Update