Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Abu Hurairah, Sahabat Rasulullah Yang Meriwayatkan Hadist Terbanyak

| July 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-15T10:28:47Z


Alamanahjurnalis.com
Abu Hurairah ra. dilahirkan 19.tahun sebelum Hijrah. Menurut pendapat yang masyhur, sebelum memeluk Islam beliau bernama Abdul Syams. Nama Islamnya adalah Abdul Rahman. Beliau berasal dari kabilah al-Dusi di Yaman. Abu Hurairah memeluk Islam pada tahun 7 Hijrah ketika Rasulullah berada di Khaibar. Ketika itu ibunya masih belum menerjma Islam, malah justru menghina Nabi saw. Abu Hurairah ra. lalu bertemu Rasulullah saw. dan meminta beliau berdoa agar ibunya masuk Islam.Kemudian Abu Hurairah ra.menemui ibunya kembali, mengajaknya masuk Islam. Ternyata ibunya telah berubah, bersedia mengucapkan dua kalimat syahadat. 

Diceritakan pada suatu masa ketika Abu Hurairah ra. bertemu Rasullullah saw. ia ditanya apa yang ada dalam lengan bajunya. Setelah diselidiki, ternyata yang ada di dalam lengan bajunya adalah seekor anak kucing. Kegemarannya bermain dengan anak kucing itulah lantas dia diberi gelar Abu Hurairah ra. Sejak itu dia lebih dikenal dengan nama Abu Hurairah ra. 

Pada awalnya Abu Hurairah mempunyai ingatan yang lemah. Lalu beliau mengadu kepada Rasulullah. Rasulullah lalu mendoakan agar Abu Hurairah diberkati dengan daya ingatan yang kuat. Sejak itulah Abu Hurairah dikaruniai daya ingatan yang kuat. Sampai-sampai beliaulah yang meriwayatkan jumlah hadits terbanyak di kalangan para Sahabat. Abu Hurairah meriwayatkan sebanyak 5.374 hadits. Beliau wafat di al-Agig pada tahun 59 Hijrah ketika berusia 78 tahun.(Djoko K)
×
Berita Terbaru Update