Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Malam Tirakatan HUT RI Ke-78 Warga Gayungan Surabaya

| August 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-16T14:19:54Z


Alamanahjurnalis.com - Surabaya - Menyambut HUT RI ke 78 yang jatuh pada hari Kamis (17/8/2023) banyak warga Jawa Timur khususnya Surabaya menggelar acara tirakatan.

Tradisi malam tirakatan digelar malam ini Rabu (16/8/2023). Biasanya acara digelar selesai sholat isya. Tirakatan merupakan salah satu tradisi yang sudah di lakukakan masyarakat Indonesia sejak lama menjelang HUT RI. Setiap daerah memiliki cara sendiri untuk merayakan malam tirakatan. Ada yang menggelar doa bersama, ada yang mengheningkan cipta setelah itu makan bersama.


Setiap momen malam tirakatan biasanya banyak warga antusias merayakannya. Tak heran jika malam tirakatan di malam Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI banyak jalan kampung dan gang yang di tutup karena biasanya tradisi malam tirakatan digelar di jalan.

Seperti halnya malam tirakatan di jalan Gayungan 1 Surabaya RT1-RW1 Rabu pukul 19.00 Wib (16/8/2023) menggelar acara tirakatan di sepanjang jalan Gayungan 1 depan balai RW1. Ratusan warga baik muda hingga orang tua tumpah ruah mengikuti malam tirakatan dengan antusias.dimulai dengan pembukaan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan lagu 17 Agustus 1945 warga menyanyikan dengan penuh khidmat.


Dalam acara tirakat tersebut ketua RT.1 Tiwi mengatakan hendaknya kita selalu ingat jasa-jasa para pahlawan dan saling tolong menolong antar sesama umat manusia.setelah itu acara dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin Gus Wawan pimpinan Majelis Dzikir Ar-Rahman Gayungan dan ustad Sunali dilanjutkan penutupan doa oleh peminpin Pondok Semilir Angin Gayungan Gus Eko setelah itu dilakukan  pemotongan tumpeng  dan makan bersama sebagai rasa syukur atas HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke 78.

Jurnalis : Mahmud
×
Berita Terbaru Update