Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Masa Depan Komputer di Indonesia

| May 04, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-03T21:11:06Z


Alamanahjurnalis.com - Pemakaian komputer di Indonesia berbarengan dengan semakin cepatnya kegiatan-kegiatan pembangunan dilaksanakan, terutama pembangunan di bidang ekonomi dan administasi. 

Tidak dapat disangsikan lagi bahwa "computers are here to stay”. Tekad seluruh rakyat dan Bangsa Indonesia untuk mengintensifkan kegiatan-kegiatan pembangunan di segala bidang kiranya akan lebih mendorong penggunaan mesin-mesin komputer yang semakin meningkat pula, bukan saja oleh berbagai instansi pemerintah, perusahaan negara dan bank-bank pemerintah, akan tetapi juga oleh pihak swasta, terutama perusahaan-perusahaan asing, perusahaan-perusahaan Joint venture dan perusahaan-perusahaan swasta nasional. 

Dikutip dari buku  "Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan", perkiraan keadaan ini didasarkan kepada beberapa pertimbangan, seperti :

1. Bahwa dengan meningkatnya kegiatan-kegiatan pembangunan, berbagai instansi Pemerintah akan semakin sadar betapa pentingnya data-data pembangunan diolah dengan cepat dan tepat dan dalam keadaan demikian mereka akan sadar betapa pentingnya pemakaian komputer dalam mengolah data, 

2. Dengan pertumbuhan ekonomi yang diharapkan akan terus meningkat, "demands” masyarakat akan berbagai jenis barang dan jasa akan meningkat pula dan keadaan yang demikian akan mengharuskan pimpinan perusahaan-perusahaan untuk menghadapi kompetisi yang semakin berat yang selanjutnya akan menuntut ketrampilan managemen, terutama ketrampilan mengambil keputusan, yang lebih tinggi, keadaan yang demikian pun akan mengakibatkan meningkatnya penggunaan komputer: 

3. Kemajuan di bidang ekonomi pasti akan mempunyai reaksi berantai dalam masyarakat, seperti di bidang pendidikan dan kesehatan. Karenanya, pengolahan data pendidikan, kesehatan, mobilitas masyarakat, preferensi untuk hiburan dan rekreasi dan sebagainya dapat diduga akan dilakukan pula dengan komputer di masa depan: 

4. Mengingat potensi Indonesia yang demikian besar dan posisi geografisnya yang demikian strategis, tidak mustahil bahwa negara-negara besar akan berusaha untuk mempengaruhi pertumbuhan Indonesia. Jika Indonesia hendak mencapai tujuannya bebas dari percaturan kekuasaan oleh negara-negara besar, tidak ada jalan lain bagi Bangsa Indonesia selain meningkatkan ketahanan nasionalnya di segala bidang, termasuk dalam bidang pertahanan dan keamanan. Karenanya dapat diperhitungkan bahwa pengembangan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia pun akan memanfaatkan kemajuan yang telah dicapai dalam teknologi komputer. 

5. Melihat kesungguhan Pemerintah menertibkan aparaturnya, kiranya tidak akan meleset jika dikatakan bahwa di masa depan Pemerintah sendiri akan mempergunakan lebih banyak komputer: sesungguhnya gejala-gejala ke arah ini sekarang pun telah terlihat. 

Berbarengan dengan itu, dapat diperkirakan bahwa perusahaan-perusahaan “hardware” dan “software” pun akan meningkat dibandingkan dengan sekarang ini. 

Perkembangan yang demikian perlu disambut dengan gembira didasarkan atas pengetahuan bahwa bagaimanapun banyaknya komputer yang digunakan untuk mengolah data di Indonesia, komputer tidak akan pernah menggantikan manusia sebagai pengambil keputusan yang rasional.

Editor : Ninik Qurorul Aini
×
Berita Terbaru Update