Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Selain Kepada Kanada, Indonesia Minta Dukungan Prancis Agar Diterima Gabung OECD

| September 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-13T03:25:10Z


Alamanahjurnalis.com - Dilansir dari KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Minat Indonesia untuk bergabung organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) sangat kuat. Selain minta dukungan dari Kanada, pekan lalu, kini Presiden Joko Widodo kembali minta dukungan kepada anggota OECD yang lain yakni Prancis. 

Permintaan dukungan tersebut disampaikan oleh Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Prancis Emmanuel Macron yang digelar di Bharat Mandapam, IECC, Pragati Maidan, New Delhi, India, pada Sabtu, 9 September 2023. 

Presiden mengungkapkan upaya bergabung menjadi anggota OECD tersebut dilakukan sebagai langkah nyata Indonesia untuk menjadi negara maju.

“Kami telah lakukan berbagai reformasi ekonomi sejalan dengan persyaratan keanggotaan OECD,” tuturnya. 

Sejalan dengan hal tersebut, Presiden Jokowi meminta kepada Presiden Macron untuk dapat berbagi pengalaman mengenai cara kerja hingga optimalisasi manfaat sebagai anggota OECD.

“Untuk itu, mohon dukungan Prancis terhadap keanggotaan Indonesia termasuk berbagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan di OECD,” ujarnya. 

Sebelumnya Kanada juga menyatakan dukungan kepada Indonesia untuk bergabung dalam keanggotaan negara negara The Organisation for Economic Co-operation and Development atau OECD.

OECD merupakan organisasi antarnegara yang beranggotakan 38 negara dan sebagian besar adalah negara-negara maju, yang berdiri sejak 1961. 

Menteri Luar Negeri Indoensia Retno Marsudi menyampaikan hal ini seusai mendapingi Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan bilateral dengan perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa, 5 September 2023. 

“Perdana Menteri Trudeau juga mengatakan dukungannya terhadap aplikasi Indonesia di dalam OECD dan tentunya PM (Trudeau) juga akan bicara dengan anggota OECD lagi untuk memberikan konsiderasi atau pertimbangan yang positif terhadap aplikasi Indonesia di OECD,” katanya. 

Investasi Prancis

Mengutip pernyataan resmi presiden di laman resmi presidenRI.go.id, Presiden Joko Widodo mengapresiasi investasi Prancis pada sektor strategis di Indonesia. 

“(Terkait) investasi di sektor strategis saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia telah bawa calon investor Prancis ke Ibu Kota Negara (IKN) dan menghasilkan 4 LoI (Letter of Intent) untuk dukung pembangunan IKN,” kata Presiden.

Presiden berharap, kesepakatan antarkedua negara tersebut dapat segera terwujud dalam waktu dekat. “Saya harap kesepakatan ini dapat segera direalisasikan,” harap Presiden. 

Dalam hal transisi energi, Kepala Negara berharap agar Prancis dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk di dalamnya melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP).

“Terkait transisi energi, saya harap Prancis juga dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk melalui skema JETP,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga turut menyampaikan apresiasi kepada Prancis yang telah memperlihatkan fleksibilitas posisi atas tindak pelecehan simbol agama dan kitab suci dalam konsep deklarasi G20. 

“Ini isu yang sangat penting bagi Indonesia, tindak pelecehan tersebut sangat melukai hati umat muslim dan tidak dapat dibenarkan,” tegas Presiden. (*nqa*)
×
Berita Terbaru Update