Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desa Proklim (Program Kampung Iklim) Sumberbening - Dongko - Trenggalek Tingkat Nasional Indonesia

| November 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-17T22:43:59Z


Alamanahjurnalis.com - Trenggalek - Kondisi geografis Desa Sumberbening termasuk dalam wilayah Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek, Propinsi Jawa Timur yang memiliki luas wilayah 1.211,116 Ha dengan ketinggian 600 - 1000 MDPL.

Sumberbening berasal dari kata sumber dan bening yang artinya sumber yang bening. Pemilihan kata Sumberbening disesuaikan dengan kondisi pada saat itu di mana di Sumberbening banyak sumber air terutama yang terdapat di Gunung Sengungling yang terkenal dengan Pancuran. 

Desa Sumberbening merupakan salah satu desa wisata dari 37 desa wisata yang ada di Kabupaten Trenggalek. Dengan potensi yang ada di desa, baik itu potensi SDA, SDM, kebudayaan maupun buatan.

Adapun beberapa penghargaan yang diraih Desa Sumberbening antara lain dua kali juara satu Adi Pura tingkat kabupaten, Desa Berseri dan Desa Proklim tingkat nasional. 

Proklim merupakan program yang memberikan pengakuan terhadap partisipasi aktif masyarakat yang telah melaksanakan upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang terintegrasi, sehingga dapat mendukung target penurunan emisi GRK nasional dan meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim, yang diatur dalam UU Nomor 24 tahun 2007.

Hal-hal yang dilakukan terkait dengan tanah longsor di Desa Sumberbening yaitu : 1. Menghindari daerah rawan bencana untuk membangun pemukiman, 2. Mengurangi tingkat keterjalan lereng, 3. Terasering dengan sistem drainase yang tepat, 4. Penghijauan dengan tanaman berakar dalam, 5. Mendirikan bangunan berpondasi kuat, 6. Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air cepat masuk, 7. Relokasi (dalam beberapa kasus).

Serangkaian upaya di atas dilakukan Pemerintah Desa Sumberbening untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.
×
Berita Terbaru Update