Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

10 Problem Geopolitik dan Ekonomi yang Potensial Memicu Krisis Global Tahun 2024

| December 30, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-29T23:18:12Z


Alamanahjurnalis.com - Jakarta - Geopolitik dan ekonomi pada tahun 2024 akan berfluktuasi dan tidak stabil. 

Pada tahun 2024, kecerdasan buatan dan kelautan akan muncul sebagai isu baru yang memotivasi persaingan geopolitik dan dinamika peraturan. Untuk berkembang di era baru ini, perusahaan perlu menyesuaikan model bisnis, strategi, rantai pasokan, dan rencana keberlanjutan mereka. 

2023 adalah tahun dimana dunia usaha menghadapi serangkaian peristiwa geopolitik yang luar biasa dan tren yang semakin mendalam. Namun, ketegangan geopolitik mulai meningkat lagi pada kuartal keempat, khususnya di Timur Tengah – wilayah yang belum kami masukkan dalam 10 besar perkembangan pada tahun 2023. 

Pemerintah di seluruh dunia menghadapi berbagai “pertukaran kebijakan.” Salah satu bidang kebijakan yang paling penting dan dinamis adalah keamanan energi dan permasalahan keberlanjutan yang terkait. Kebijakan iklim terus menjadi agenda utama banyak negara, yang berpuncak pada Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP28) tahun 2023 yang baru-baru ini diadakan di UEA.

10 Problem Geopolitik dan Ekonomi yang Potensial Memicu Krisis Global Tahun 2024 

1. Menavigasi dunia multipolar

Melansir lembaga riset EY, salah satu ciri penentu lingkungan geopolitik pada tahun 2024 adalah multipolaritas. Semakin banyak aktor berpengaruh akan membentuk sistem global yang semakin kompleks.

Sebagai negara-negara besar, UE, Amerika Serikat, dan China akan terus membentuk lingkungan operasi global secara mendalam. Negara-negara ayunan geopolitik – negara-negara seperti India, Arab Saudi, Turki, Afrika Selatan dan Brasil yang tidak secara khusus bersekutu dengan kekuatan atau blok besar mana pun – akan mendapatkan lebih banyak pengaruh dalam agenda internasional

2. Konflik yang Memicu Perpecahan

Risiko politik menciptakan tantangan dan peluang bagi organisasi global, sehingga menciptakan keharusan untuk mengembangkant pendekatan yang lebih strategis dalam mengelola risiko politik. Grup Bisnis Geostrategis membantu perusahaan melakukan hal ini dengan menerjemahkan wawasan geopolitik ke dalam strategi bisnis.

Negara-negara kecil dan aktor non-negara juga akan memanfaatkan peluang untuk mengubah batasan atau membentuk sudut pandang multiverse geopolitik mereka. Perang di Ukraina dan konflik geopolitik yang berkobar di beberapa belahan dunia lain mungkin hanya permulaan.

3. Mengurangi risiko pada rantai pasokan global 

Fitur penentu kedua dari geostrategi pada tahun 2024 adalah pengurangan risiko. Pandemi COVID-19 dan perang di Ukraina menyoroti ketergantungan global negara-negara dan tantangan dalam mencapai ketahanan dengan rantai pasokan yang terglobalisasi dan tepat waktu – terutama ketika produksi terkonsentrasi di sejumlah kecil pasar.

Pemerintah telah merespons hal ini dengan kembali terlibat atau memperluas ketergantungan mereka pada kebijakan industri. Mereka berupaya untuk meningkatkan produksi produk-produk penting dalam negeri yang lebih besar. Di pasar tertentu, persaingan geopolitik telah melekat dalam kebijakan industri ini. Kita akan melihat lebih banyak hubungan eksplisit antara kebijakan ekonomi dan kebijakan keamanan luar negeri atau nasional di tahun mendatang.

4. Negara-negara berlomba untuk berinovasi dan mengatur AI 

Melansir lembaga riset EY, memanfaatkan momentumnya pada tahun 2023, geopolitik AI akan menjadi lebih penting pada tahun 2024. Pemerintah akan berlomba-lomba mengatur AI untuk mengurangi potensi risiko sosiopolitik. 

Namun para pembuat kebijakan secara bersamaan akan mencoba mendorong inovasi AI dalam negeri agar dapat bersaing secara geopolitik. Oleh karena itu, AI akan menjadi dinamika utama dalam hubungan AS-Tiongkok. Pada tahun 2024, persaingan ganda untuk berinovasi dan mengatur AI akan mempercepat peralihan menuju blok geopolitik yang berbeda.

5. Lautan memiliki keunggulan geostrategis 

Namun tahun 2024 juga akan berbeda dalam beberapa hal penting. Geopolitik lautan akan lebih menonjol dalam zeitgeist global. Lautan adalah rumah bagi 94% kehidupan bumi, dan mereka merupakan sumber daya ekonomi dan keamanan nasional yang semakin penting

Sebanyak 90% perdagangan barang global dikirimkan melalui rute maritim, namun banyak koridor transit maritim tersibuk di dunia yang berisiko mengalami gangguan geopolitik. Dan pertambangan laut dalam diperkirakan menyumbang setidaknya sepertiga dari pasokan mineral penting yang diperlukan untuk transisi energi. Perusahaan perlu mempertimbangkan geopolitik kelautan ketika menetapkan strategi rantai pasok dan keberlanjutan. 

6. Pemilu berlangsung di berbagai belahan dunia dan dilaksanakan sekaligus

Dan tahun 2024 akan menjadi tahun pemilu – kami menyebutnya supercycle pemilu global. Para pemilih akan pergi ke tempat pemungutan suara di negara-negara yang mencakup sekitar 54% populasi global dan hampir 60% PDB global. 

Hal ini akan menimbulkan ketidakpastian peraturan dan kebijakan dalam jangka pendek dan menengah. Kita mungkin melihat kembali beberapa pemilu – terutama AS dan Uni Eropa – sebagai pemilu yang paling penting dalam beberapa dekade terakhir, di tengah persaingan visi dalam hubungan internasional dan kebijakan ekonomi yang secara fundamental akan berdampak pada lingkungan bisnis global. 

7. Keamanan Ekonomi 

Perkembangan global dalam beberapa tahun terakhir telah menyoroti hal ini saling ketergantungan di antara pesaing geopolitik, yang menyebabkan peningkatan neo-statisme, peningkatan intervensi dalam rantai pasokan dan fokus pada kemandirian ekonomi. Pada tahun 2023, tren ini mendapatkan momentumnya dengan Perintah Eksekutif AS yang mengusulkan investasi keluar pembatasan, Hukum Hubungan Luar Negeri China , dan ekonomi UE strategi keamanan. 

Menurut Global Trade Alert, jumlah perdagangan intervensi telah meningkat hampir 180% dalam lima tahun terakhir, dengan intervensi yang hampir empat kali lebih berbahaya dibandingkan liberalisasi yang. Pada tahun 2024, langkah-langkah keamanan ekonomi akan “mengurangi risiko” global saling ketergantungan akan menjadi alat utama dalam persaingan geostrategis. Kebijakan keamanan ekonomi akan dimotivasi oleh tiga tujuan: mengurangi ketergantungan pada pesaing geopolitik, mempromosikan domestik daya saing industri dan mendukung sosiopolitik dalam negeri stabilitas. Sementara pemerintah di sebagian besar negara dengan perekonomian besar akan melakukan hal ini tujuannya, taktiknya akan bervariasi, termasuk kebijakan perdagangan dan industri dan pemaksaan ekonomi zona abu-abu (yaitu tindakan pembatasan informal digunakan terhadap perusahaan asing).

8. Keberagaman agenda 

Melansir lembaga riset EY, dalam survei Outlook Pulse CEO EY Juli 2023, 99% CEO mengatakan mereka berencana untuk mengkonfigurasi ulang rantai pasokan, merelokasi aset operasional dan melakukan perubahan strategis lainnya sebagai respons terhadap geopolitik tantangan. Tantangan-tantangan ini termasuk ketegangan antar pemerintah di pasar-pasar utama dan kebijakan pemerintah yang mengamanatkan atau memberikan insentif mendiversifikasi lokasi rantai nilai, termasuk melalui onshoring, dekat pantai dan berteman.

Diversifikasi rantai nilai ini akan menimbulkan risiko politik positif dan negatif pada tahun 2024 perusahaan yang memasuki atau memperluas pasar alternatif. Meningkatnya tingkat risiko geopolitik akan tetap menjadi salah satu risiko utama pendorong diversifikasi pada tahun 2024.

Sementara investasi akan terus berlanjut mengalir ke pasar negara maju – dua negara penerima aliran asing langsung terbesar investasi (FDI) di Eropa pada tahun 2022 adalah Perancis dan Inggris, misalnya contohnya - negara-negara ayunan geopolitik yang mempertahankan perekonomian dan hubungan geopolitik dengan semua negara besar kemungkinan besar akan menjadi hal yang penting agenda diversifikasi.

9. . Perebutan komoditas 

Perubahan iklim, perang di Ukraina dan transisi energi sedang menggeser dinamika penawaran dan permintaan global untuk berbagai macam produk komoditas penting. Banyaknya negara yang ekstrim tekanan air telah meningkat dari 17 pada tahun 2019 menjadi 25 pada tahun 2023, menurut ke Institut Sumber Daya Dunia. 

Sejak tahun 2021, Makanan dan Indeks harga pangan dunia Organisasi Pertanian berada pada angka tingkat tertinggi sejak tahun 1970an. Persaingan geopolitik akan terjadi intensif pada tahun 2024 untuk mengamankan pasokan tiga komoditas utama: mineral penting, makanan dan air. 

Area persaingan komoditas yang pertama – dan mungkin paling terlihat akan menjadi mineral penting yang menggerakkan baterai EV dan transisi energi secara lebih luas. China — yang membangun industrinya selama periode ketegangan geopolitik rendah – akan tetap mempertahankan strateginya posisi sebagai penyulingan mineral penting terbesar di dunia dalam waktu dekat hingga jangka menengah. 

Beberapa negara kaya mineral akan mengikuti jejak ini Indonesia dan Namibia membutuhkan pengolahan yang lebih bernilai tambah di dalam negeri. Dan AS dan UE akan mengupayakan pengaturan pasokan dengan negara-negara di seluruh dunia — termasuk melalui Mineral Kemitraan Keamanan dan Koridor Lobito. 

10. Perubahan Iklim

Melansir lembaga riset EY, sejak Konvensi Kerangka Kerja PBB tentang Perubahan Iklim (UNFCCC) pada tahun 1992, kebijakan iklim berfokus pada mitigasi — itu adalah, mengurangi emisi gas rumah kaca untuk menghentikan perubahan iklim. Dalam Namun, dalam 30 tahun terakhir, iklim telah berubah.

Yang terakhir sembilan tahun (2014–2022) menduduki peringkat sembilan tahun terpanas yang pernah tercatat, dan Organisasi Meteorologi Dunia memperkirakan suhu global akan mencapai tingkatan baru dalam lima tahun ke depan. Bahkan sebagai pengambil kebijakan berupaya melakukan mitigasi perubahan iklim melalui pengurangan emisi, pentingnya beradaptasi terhadap risiko fisik iklim saat ini perubahan akan menjadi fokus yang lebih tajam pada tahun 2024. 

Hanya 5% negara anggota UNFCCC yang memiliki rencana adaptasi iklim pada tahun 2021, namun angka tersebut meroket hingga lebih dari 80% pada tahun 2022, menurut ke PBB. Mengikuti inventarisasi global mengenai tindakan adaptasi di Pada tahun 2023, pemerintah kemungkinan akan lebih fokus pada implementasi 2024. Hal ini mencakup standar baru dan investasi yang perlu ditingkatkan ketahanan bangunan terhadap bahaya lingkungan.

Sumber : SINDOnews.com
×
Berita Terbaru Update