Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Presiden Joko Widodo Melaksanakan Groundbreaking Sejumlah Infrastruktur di IKN

| December 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-22T01:51:05Z


Alamanahjurnalis.com - Presiden Joko Widodo melaksanakan groundbreaking sejumlah infrastruktur kawasan Ibu Kota Negara (IKN) bersama para menteri di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (20-21 / 12 / 2023).

Dikutip dari laman presidenri.go.id, dalam kunjungan kerjanya, Presiden Joko Widodo di Ibu Kota Negara (IKN) memastikan fasilitas hingga desain bangunan Kantor Presiden dan Istana Kepresidenan sesuai dengan konsep, salah satunya adalah bilah Garuda yang menjadi ikon Istana Kepresidenan di IKN.

Dari lokasi pembangunan Kantor Presiden, Kepala Negara melanjutkan rangkaian kegiatannya untuk melaksanakan sejumlah groundbreaking. Pertama, Presiden melaksanakan groundbreaking BSH Community Hub serta The Pakubuwono Nusantara. Presiden menyebut pembangunan hotel bintang tiga dan restoran yang akan ada di dalam BSH Community Hub dinilai menambah fasilitas baru di IKN. Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi pun menekankan bahwa pemerintah akan membebaskan sejumlah pajak seperti PPN dan PPH bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin berinvestasi di IKN.

Presiden Jokowi menyambut baik pembangunan dua tower apartemen monumental dengan investasi kurang lebih Rp. 1 triliun akan menghadirkan hunian apartemen berstandar internasional yang ramah lingkungan serta dapat memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan IKN ke depannya.

Kemudian, Kepala Negara melakukan groundbreaking dua infrastuktur pertahanan dan keamanan, antara lain Kodim Ibu Kota Nusantara dan Polres Khusus Kawasan IKN.

Presiden Jokowi menilai IKN sebagai Ibu Kota Negara dan pusat pemerintahan merupakan proyek vital nasional strategis yang harus dipastikan keamanannya. Oleh karena itu, Presiden berharap dengan keberadaan Kodim IKN yang merupakan Kodim tipe A dapat membantu pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pengamanan IKN, mendukung, serta melindungi IKN dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

Selain itu, Polres khusus IKN yang akan dibangun, akan dilengkapi dengan pusat komando hingga fasilitas untuk analisis kecerdasan buatan (AI). Kepala Negara pun meminta agar Polres Khusus IKN dilengkapi dan disiapkan secara khusus sehingga bisa menjadi contoh bagi Polres lain di Indonesia, sekaligus menjadikan IKN kawasan yang bebas dari tindak kejahatan.

Presiden Jokowi juga meluncurkan ragam transportasi darat ramah lingkungan oleh Bluebird Group dengan investasi sebesar Rp. 250 miliar. Beragam moda transportasi darat telah dipersiapkan guna mendukung transportasi hijau di IKN, seperti pengadaan bus rapid transit listrik untuk mendukung layanan perkotaan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN. Bluebird Group juga akan melengkapi sarana pendukung, yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park and ride, transfer point depo, dan charging point.
×
Berita Terbaru Update