Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Religi Masjid Imam Baidhowi dekat Kampung Inggris Pare - Kediri - Jawa Timur

| December 18, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-18T04:12:16Z

Alamanahjurnalis.com - Kediri - Masjid Jami' Imam Baidhowi didirikan oleh Brigjen TNI (Purn) Drs. Imam Baidhowi, M.M., C.Fr.A. Masjid ini terletak di Desa Langenharjo Kecamatan Plemahan, dekat dengan Kampung Inggris Pare- Kediri.

Masjid Jami' Imam Baidhowi dibangun pada bulan Januari 2022 tampak megah dengan desain bangunan yang indah. Luas tanah area masjid ini mencapai 3.200 meter, sedangkan luas bangunannya adalah 16 x 23 meter persegi, tinggi menara 33 meter.

Masjid didesain dengan desain void dan mezzanin yang memberikan penerangan dan sirkulasi udara yang baik untuk keseluruhan bangunan masjid, membuat para jama'ah betah.

Di masjid ini terdapat lima pasang pintu yang memiliki ukiran modern yang terbuat dari bahan tembaga kuningan. Beberapa bagian dinding masjid dilapisi dengan marmer bakar dan batu granit. Untuk bagian lantainya berbahan marmer dan juga batu andesit.


Bagian mimbar dan mihrab terbuat dari kayu jati asli Jepara dan di bagian dalam masjid juga terdapat lampu gantung modern dengan diameter 4 meter. Tiang-tiang masjid tampak megah dengan tampilan warna yang netral  dan serba putih ditambah ornamen yang indah.

Payung elektrik yang berdiri megah, mengingatkan pada ornamen Masjid Nabawi. Payung elektrik yang khas dari gaya Utsmaniyah Mamluk memberikan sentuhan kontemporer klasik yang menciptakan suasana spiritual yang mendalam. Payung elektrik ini terbuka pada siang hari dan tertutup pada malam hari. 

Kegiatan keagamaan di Masjid Jami' Imam Baidhowi oleh ta'mir masjid yang diketuai oleh Bapak Sugiono (60) adalah shalat berjamaah, Taman Pendidikan Al Qur'an (TPQ), pengajian umum, dan lain-lain.

Masjid ini juga bisa dijadikan destinasi wisata karena halaman masjid yang luas dengan area parkir dan pertokoan dengan aneka kuliner. Juga aktivitas menarik lainnya yaitu keliling kebun kurma dan durian dengan menggunakan mobil ATV.

Masjid Jami' Imam Baidhowi dengan segala kemegahannya, menjadi destinasi spiritual yang menarik bagi siapa saja yang mencari pengalaman wisata religi yang berkesan di daerah Kediri - Jawa Timur.
×
Berita Terbaru Update