Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Arca dan Taman Totok Kerot : Wisata Edukasi di Kediri

| February 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-29T00:40:07Z

Alamanahjurnalis.com - Kediri - Arca Totok Kerot merupakan prasasti peninggalan zaman Raja Sri Aji di Lodaya, Kerajaan Pamenang. Situs Totok Kerot berada di Jl. Totok Kerot, Bulu Pasar, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, berdekatan petilasan Sri Aji Joyoboyo dan Simpang Lima Gumul (SLG). 

Arca Totok Kerot merupakan sebuah patung Dwarapala (penjaga gapura) peninggalan dari masa Kerajaan Kediri, dengan raja yang terkenal yaitu Sri Aji Joyoboyo. Sosoknya dikenal oleh masyarakat karena kesaktiannya melalui ramalan yang disebut dengan Jangka Joyoboyo. Salah satu bukti dari kesaktiannya tersebut adalah Arca Totok Kerot. 

Wujud Arca Totok Ketot berupa buto atau raksasa perempuan dengan rambut terurai menjuntai ke belakang. Posisi duduk yang seperti bersimpuh, tetapi satu kakinya tegak, matanya melotot, terdapat hiasan candrakapala di kepalanya berupa tengkorak bertaring di atas bulan sabit. Hiasan tersebut merupakan lambang dari Kerajaan Kediri, serta kalung juga dengan ikon tengkorak. Uniknya, satu lengan sebelah kirinya putus. Kemungkinan besar, putusnya lengan tersebut akibat dari pengangkatan arca yang semula berada di dalam tanah. 

Cerita yang melekat pada Arca Totok Kerot, bahwa terdapat seorang putri cantik dari Blitar yang bernama Putri Lodaya yang bermaksud untuk melamar sang Raja Joyoboyo. Akan tetapi, keinginannya tidak terpenuhi, karena adanya penolakan dari sang raja. Akhirnya, sang putri sangat marah dan mengutus pasukannya untuk memerangi Kediri dan mengobrak-abrik keratonnya. Hal tersebut rupanya menjadikan sang putri gegabah, sebab angkatan perang Kediri kuat dan tersohor sehingga bukan tandingan dari bala tentaranya. Ketika menjadi tawanan raja dan dihadapkan di depannya, sang putri marah bahkan memaki-maki Raja Joyoboyo. Akibatnya, Raja Joyoboyo murka dan terucaplah suatu kutukan dengan menyebut Putri Lodaya memiliki kelakuan layaknya buto. Seketika berubahlah wujudnya menjadi raksasa yang dikenal sebagai Totok Kerot. 

Di samping situs Totok Kerot, terdapat taman Totok Kerot yang dilengkapi dengan kolam dengan air mancur, gazebo, playground dan bangku taman, juga semakin diperindah dengan berbagai tanaman hias. 

Lokasi ini sering menjadi destinasi kunjungan anak-anak sekolah. Selain mengetahui jejak sejarah di Kediri, pengunjung bisa mengabadikan foto bersama sahabat ataupun keluarga. Fasilitas-fasilitas tersebut bertujuan agar para wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung ke objek wisata ini. 

(Ninik Qurotul Aini)
×
Berita Terbaru Update