Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMA Trensains Tebuireng - Jombang - Jawa Timur

| February 06, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-06T11:07:12Z


Alamanahjurnalis.com - Jombang - SMA Trensains Tebuireng di bawah naungan Yayasan Hasyim Asyhari yang diresmikan 23 Agustus 2014 oleh Menteri Agama RI, H. Lukman Hakim Saifudin. 

Pengasuh Pesantren Tebuireng periode 2006-2020, sebagai pendiri Pesantren Sains (Trensains), Jombang Jawa Timur yaitu Dr. (HC). KH. Salahuddin Wahid. 

Pesantren sains adalah sebuah konsep pesantren yang bertujuan untuk mengkaji sains kealaman secara mendalam, baik melalui pembelajaran,  penelitihan ilmiah maupun percobaan-percobaan ilmiah yang mengacu pada ayat-ayat kauniyah.

Pendiri SMA Trensains Tebuireng yaitu Ilmuwan bidang Fisika teoritik, guru besar di Jurusan Fisika ITS, Penggagas konsep Trensains yaitu Prof. Agus Purwanto, D.Sc

Konsultan ahli SMA Trensains Tebuireng yaitu Ilmuwan bidang miskonsepsi pembelajaran, guru besar di jurusan kimia UNESA, yaitu Prof. Dr. Suyono, M.Pd.

Konsep Pesantren Sains (Trensains) merupakan pembelajaran ala pesantren yang disintesakan dengan satuan pendidikan untuk mengkaji sains atau ilmu alam secara mendalam, dengan Kepala SMA Trensains Tebuireng yaitu Umbaran, S.H.I.

1. Kurikulum
Menerapkan Kurikulum Semesta, yaitu adopsi dari kurikulum nasional, internasional, dan kurikulum kearifan pesantren sains.

2. Pembelajaran
Mengedepankan dialektika antara agama dan sains, dimana ayat-ayat (800 ayat) dipakai sebagai basisnya.

3. Konsultan Ahli
Memiliki konstultan ahli dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran yang berasal dari F-MIPA Unesa

4. Fasilitas
Didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti laboratorium kimia, fisika, dan biologi. Selain itu juga fasilitas penunjang lainnya.

5. Program
Memiliki berbagai macam program pengembangan baik yang berkaitan dengan bidang akademik maupun non akademik.

6. Kerjasama
Memiliki kerja sama atau kemitraan dengan ITS, UNESA, dan UIN Malang dalam pengembangan sekolah.

SMA Trensains Tebuireng mengadopsi kurikulum pesantren dan nasional, sementara itu pembelajarannya mengedepankan dialektika antara agama dan sains. Harapannya akan menghasilkan lulusan yang memiliki iman dan takwa sekaligus menguasai IPTEK. 

SMA Trensains Tebuireng telah meraih banyak prestasi  dalam bidang akademik hingga tingkat internasional, baik dalam bidang olimpiade, LKTI, maupun non akademik.

Para alumni SMA Trensains Tebuireng  banyak yang diterima di PTN ternama dan bahkan tembus dibeberapa perguruan tinggi luar negeri.

Program SMA Trensains Tebuireng selalu melakukan pengembangan program-program sekolah, utamanya untuk meningkatkan mutu lulusan.

Sumber : smatrensains.sch.id
×
Berita Terbaru Update