Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

2 Gerhana di Bulan Ramadhan 2024 sebagai Tanda Kedatangan Imam Mahdi?

| March 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-28T07:09:13Z
 

Alamanahjurnalis.com - Kediri - Dalam Islam, fenomena gerhana bukan sekadar fenomena astronomi biasa. Gerhana merupakan bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Peristiwa gerhana ini tidak terlepas dari kuasa-Nya.

Mengutip laman BRIN dalam liputan6.com, bahwa pada Ramadhan 1445 H, akan menyaksikan dua gerhana yang berlaku serentak yaitu gerhana bulan penumbra pada 24-25 Maret 2024 dan gerhana matahari total (GMT) pada 8 April 2024. Peristiwa gerhana bulan dan matahari selama bulan Ramadhan seringkali dikaitkan dengan munculnya Imam Mahdi sebagai salah satu tanda kiamat. 

Menurut keyakinan Ahlussunnah wal jamaah bahwa Imam Mahdi (khalifah akhir zaman) akan muncul bersama dengan Nabi Isa AS untuk menghadapi Dajjal menjelang hari kiamat.

Dikutip dari laman urbanjabar.com, Imam Mahdi diprediksi akan muncul di saat dunia sedang dilanda banyak perselisihan, peperangan, kezaliman, dan penganiayaan. Rasulullah SAW bersabda, "Aku sampaikan kabar gembira kepada kalian dengan datangnya Al-Mahdi yang akan diutus (ke tengah-tengah manusia) ketika manusia sedang dilanda perselisihan dan kegoncangan-kegoncangan. Dia akan memenuhi bumi dengan kejujuran dan keadilan sebagaimana sebelumnya bumi dipenuhi dengan penganiayaan dan kezaliman. Seluruh penduduk langit dan bumi menyukainya, dan dia akan membagi-bagikan kekayaan secara tepat (merata)..." (HR Ahmad dan Tirmidzi)

Munculnya ketegangan dan konflik global yang merajalela menjadi salah satu tanda bahwa kedatangan Imam Mahdi semakin dekat. Hal ini mencerminkan situasi saat ini di dunia yang dipenuhi dengan ketegangan politik dan sosial. Selain itu, Imam Mahdi akan membawa kebenaran dan keadilan kepada dunia. 
 
Islam mengajarkan pentingnya kesabaran, tawakal (mengandalkan Allah), dan berbuat baik di dunia sehari-hari. Dengan demikian, jika kita mempertimbangkan kemungkinan kemunculan Imam Mahdi di tahun 2024, kita juga harus memahami bahwa ini dapat menjadi saat yang penting dalam perlawanan terhadap kejahatan dan penyebaran fitnah.

Yang terpenting adalah menjalani hidup sesuai dengan nilai-nilai Islam, berbuat baik kepada sesama, dan berharap pada rahmat dan kuasa Allah. Pengharapan terhadap kedatangan Imam Mahdi adalah bagian dari keyakinan dan harapan umat Islam, tetapi menjaga iman dan amal yang baik adalah tanggung jawab yang lebih besar.

Penulis : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update