Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pawai Ogoh-Ogoh Menyambut Hari Raya Nyepi 2024 di Pare-Kediri

| March 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T22:08:35Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Seluruh umat Hindu di Indonesia akan merayakan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946 pada besuk Rabu 11 Maret 2024.

Sebelum pelaksanaan Nyepi, terdapat sejumlah prosesi yang wajib dilaksanakan umat Hindu Nusantara, salah satunya adalah pawai ogoh-ogoh atau pengerupukan pada satu hari sebelum Nyepi. 


Pawai ogoh-ogoh (Pangerupukan) adalah salah satu tahapan pelaksanaan Hari Suci Nyepi yang dimiliki makna mengusir Bhuta Kala dari lingkungan rumah, pekarangan, dan lingkungan sekitar. Bhuta Kala adalah wujud manifestasi sifat buruk bagi umat Hindu Nusantara dari lingkungan sekitar. Umumnya, ogoh-ogoh divisualisasikan bertubuh besar, kuku panjang, dan berwajah seram. 


Pelaksanaan pangerupukan, ogoh-ogoh mengelilingi desa adat dan diiringi oleh obor serta gamelan, dengan peserta yaitu para pemuda-pemudi dari setiap Sekar Teruna Teruni (STT) dari masing-masing banjar adat. 


Pawai ogoh-ogoh di Kecamatan Pare dilaksanakan di Perempatan Tugu Garuda dengan finish di Taman Kilisuci. Banyak warga yang melihat pawai ogoh-ogoh ini, dari  pagi hingga siang hari. 

Jurnalis : Zackia FR
×
Berita Terbaru Update