Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tradisi Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan di Desa Pelem - Pare

| March 10, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T13:18:41Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Berdasarkan kalender Islam Hijriah 2024 yang dirilis Kemenag RI, awal puasa Ramadhan akan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024. Sudah tradisi mayoritas umat Islam di Nusantara berziarah kubur menjelang Ramadhan tiba. 

Dikutip dari Jombang.nu.or.id, ziarah kubur dalam hadist (Sunan Turmudzi no. 973) dengan Illat (alasan) tadzkiratul akhirat yaitu mengingatkan kita kepada akhirat, maka dibenarkan berziarah ke makam orang tua dan juga ke makam orang saleh dan para wali. 

Ziarah kubur orang tua atau para wali sangat dianjurkan karena banyak kemaslahatan yang dapat diraih. Di Nusantara ini, ziarah kubur menjadi tradisi yang sangat kuat. Apalagi di bulan Sya'ban menjelang Ramadhan, bisa dipastikan tempat pemakaman dikerumuni banyak orang dalam rangka mengirimkan do'a kepada orangtuanya. Di samping itu, biasanya mereka juga membersihkan rumput atau dedaunan yang ada di makam dan sekitarnya. 

Berziarah kubur menjelang Ramadhan adalah modal yang sangat bagus untuk mempersiapkan diri menyongsong bulan Ramadhan, termasuk masyarakat Desa Pelem Kecamatan Pare yang terlihat banyak yang berziarah ke makam dengan membaca do'a. 

Jurnalis : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update