Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Apakah Nabi Isa AS Membunuh Dajjal di Gerbang ar-Rahmah dan at-Taubah (az-Zahabi / Golden Gate) di Komplek Masjid Al-Aqsa?

| April 01, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-01T16:22:51Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Ada 15 gerbang menuju kompleks Masjid Al-Aqsa, 10 di antaranya terbuka dan lima lainnya tertutup. Dikutip dari adararelief.com, Gerbang ar-Rahmah dan at-Taubah merupakan gerbang kedua di sebelah timur Masjid Al-Aqsa. Terdiri atas dua pintu masuk, Gerbang ar-Rahmah berada di sebelah selatan dan Gerbang at-Taubah berada di utara Masjid Al-Aqsa.

Pada awalnya gerbang ini terbuka, hingga kemudian pecahlah Perang Salib. Tentara salib menjadikan gerbang ini sebagai pintu masuk untuk menyerang Masjid Al-Aqsa dan Kota Al-Quds. Maka, gerbang ini kemudian ditutup oleh Sultan Shalahuddin al-Ayyubi untuk menjaga masjid dan Al-Quds dari berbagai serangan.

Di gerbang ini, Shalahuddin menatah potongan ayat Al-Qur’an, yaitu surat al-Hadid ayat 13.

يَوْمَ يَقُولُ ٱلْمُنَٰفِقُونَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتُ لِلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱنظُرُونَا نَقْتَبِسْ مِن نُّورِكُمْ قِيلَ ٱرْجِعُوا۟ وَرَآءَكُمْ فَٱلْتَمِسُوا۟ نُورًا فَضُرِبَ بَيْنَهُم بِسُورٍ لَّهُۥ بَابٌۢ بَاطِنُهُۥ فِيهِ ٱلرَّحْمَةُ وَظَٰهِرُهُۥ مِن قِبَلِهِ ٱلْعَذَابُ

Artinya : Pada hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman: “Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu”. Dikatakan (kepada mereka): “Kembalilah kamu ke belakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)”. Lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa.

Dikutip dari pustakaarsip.kamparkab.go.id, ketika Dajjal menyerang Syam (Palestina), pasukan Imam Mahdi dan Isa bin Maryam di Gerbang Lud (sebelah timur Masjid Al-Aqsa), dan riwayat Ahmad dalam al-Musnad, dikatakan, Nabi Isa AS kemudian membawa tombaknya ke arah Dajjal dan membunuhnya.

Adapun orang-orang Yahudi dan Nasrani menyebut gerbang ini dengan sebutan Gerbang az-Zahabi (emas). Mereka meyakini bahwa Isa bin Maryam akan datang melewati pintu ini pada akhir zaman nanti.

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update