Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPW MATRA Jatim Adakan Halal Bihalal untuk Memperkuat Ketahanan Adat Budaya di Indonesia

| April 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-29T14:12:39Z


Alamanahjurnalis.com - Surabaya - Dewan Pengurus Wilayah Jawa Timur Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) mengadakan Halal Bihalal Idul Fitri 1445 Hijriyah pada tanggal 29 April 2024 di kantor sekretariat DPW Matra Jawa Timur Jl. Ir. Soekarno No. 679 (Bicopi) Surabaya. 


Acara Halal Bihalal ini dihadiri oleh pengurus DPD Matra Jawa Timur, orang adat, budayawan, sesepuh, kyai dan para ulama.


Acara dibuka dengan registrasi peserta, bacaan do'a dari Lintas Agama, Islam, Katholik dan  Hindu kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. 


Ketua Penasehat MATRA KPP Mangku Alam II dalam sambutannya mengatakan bahwa MATRA merupakan organisasi budaya terbesar di dunia dengan 267 raja, sultan, kepala adat dan suku. Lebih dari 80.000 pengurus di Indonesia dan DPW Jatim merupakan pengurus yang terbesar. 


"Tujuan utama MATRA adalah sebagai benteng terakhir NKRI yaitu ketahanan adat dan budaya. Sinergitas dan harmonisasi di antara adat, budaya dan kepercayaan di Indonesia. MATRA menjaga keutuhan kita bersama", tegas Ketua Penasehat. 


Selanjutnya Ketua MATRA Jatim KPP. Cristian Sabilal Pussung Ciptonegoro dalam sambutannya mengatakan, "Kita jangan menghakimi keyakinan personal masing-masing, menjaga persatuan dan persatuan menjadi penengah untuk pertikaian." Mr. Abie, nama akrab beliau, telah mengambil bagian dengan mendirikan lembaga pendidikan yaitu Briliant Course di Kampung Inggris Pare Kediri. 


Acara dilanjutkan dengan Ramah Tamah dan Lomba Fashion Show bagi ibu-ibu peserta dengan pakaian adat daerah masing-masing. Dalam acara ini juga dilaksanakan pelantikan DPD yang baru dilantik antara lain Kediri, Jember, dan Pasuruan. 

Jurnalis : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update