Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bantuan Jaring Ramah Lingkungan untuk Nelayan KUD Mino Misoyosari Pemalang

| June 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-09T07:17:45Z


Alamanahjurnalis.com - Pemalang - Bantuan jaring Gill Net Nylon pada nelayan yang tergabung KUD Mino Misoyosari Tanjungsari Kecanatan Pemalang Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Dilakukan di Gedung KUD pada Hari Minggu, 9 Juni 2024.

Hadir Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang dan jajaranya, Camat Pemalang, CV Mega Dewa Laut dari Bandung, Pimpinan Kelurahan Sugihwaras, Polairud Kabupaten Pemalang, TNI AL Pemalang, TNI AD Kodim 0711/Pemalang, 100 nelayan yang tergabung dalam KUD Mino Misoyosari Tanjungsari.

Era Srinaeni, S.Pi., M.M selaku Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, bahwa kegiatan hari ini, pemberian bantuan secara simbolis pada nelayan Pemalang. 


Bentuk bantuan, sarana penangkapan ikan ramah lingkungan Gill Net Nylon kepada nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) yang tergabung di KUD Mino Misoyosari Tanjungsari Pemalang. 

Ukuran jaring 3,5 in yang membuat ikan-ikan kecil meskipun terjebak bisa dengan mudah keluar, tapi ikan besar yang terjebak tak bisa keluar dari jaring. Jumlah jaring 90 paket yang dikemas dalam kantong plastik.

Harapanya, untuk meningkatkan produktifitas para nelayan, menjaga jaring dengan baik dan tidak dijual. Mengingat kebutuhan ikan di Pemalang makin hari makin meningkat.


Bupati Pemalang Mansur Hidayat, S.T., M.Ling yang diwakili oleh Camat Pemalang Drs. Sis Muhammad menyampaikan bahwa penyerahan bantuan secara simbolis pada Kelompok Usaha Bersama (KUB). Dengan tujuan mendukung kesejahteraan nelayan Pemalang dan kelestarian hayati laut.

Bantuan jaring merupakan satu diantara sekian alat ramah lingkungan dan memberikan produktifitas para nelayan. Hingga ekosistem laut dapat terjaga. Akhirnya pelestarian kehidupan alam laut, terutama di Laut Jawa dapat terjaga dan nelayan terus dapat menangkap hasil laut setiap hari.

"Saya sampaikan selamat kepada nelayan, manfaatkan jaring ramah lingkungan dengan baik," tulis Bupati Mansur yang dibacakan Camat Pemalang dalam mengakhiri sambutan di depan 100 nelayan.(*)

(Nur Bulus)
×
Berita Terbaru Update