Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemred Media Alamanah Jurnalis Ikuti Webinar Dwipa Institute

| June 11, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-10T21:57:34Z



Alamanahjurnalis.com - Kediri - Dwipa Institute mengadakan Webinar Gratis Dwipa Sharing Seri#6 dengan tema "Kiat Menjadi Wartawan Hebat pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 19.30 - 21.00 WIB.

Acara Webinar ini menampilkan Narasumber Yurnaldi sebagai Wartawan Kompas 1995-2011 (di India, Jepang, Australia, Inggris, dll dan konsultan Pers) serta Martha Syaflina, SE., CHR sebagai Sekjend PWO Dwipantara.

Dalam Webinar ini, Yurnaldi menjelaskan bahwa wartawan harus memiliki talenta antara lain, tahu persoalan, besuknya seperti apa, melaporkan peristiwa, memberikan masukan pemerintah, menguasai jurnalisme TV, sisi pengambilan berita yang menarik, seni foto yang beda dengan yang lain, analisis beritanya seperti apa, komprehensif, memberi warna pada pembaca dan media.


Menurut Yurnaldi, wartawan sebaiknya mengikuti pelatihan jurnalistik, mengikuti lomba Feature, mencari pembaca lebih banyak, menghimpun sesuatu di lapangan, komprehensif dan menjawab pertanyaan.

Yurnaldi menambahkan bahwa wartawan Feature harus memiliki perencanaan harian, mingguan, bulanan, 3 atau 6 bulanan dan tahunan. Data-data dari narasumber bersifat terkini, 3 atau 4 tahun terakhir, hasil kunjungan, kebutuhan pembaca, seleksi informasi yang sesuai dengan media kita, serta menambahkan dari sumber-sumber yang lain.

Ketika ada pertanyaan dari peserta webinar tentang bagaimana jika ada narasumber atau pejabat yang sinis, Yurnaldi menjawab, "Kemungkinan kita tidak mengkonfirmasi informasi tersebut, kemudian wartawan bisa menanyakan kapan masalah tersebut bisa diselesaikan karena kalau tidak, akan ada konsekuensinya."

"Wartawan juga harus memperhatikan penulisan berita yaitu pentingnya tanda baca dan editing," tutupnya.

Jurnalis : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update