Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Shalomalaichem dan Assalamualaikum Apakah Sama?

| May 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-16T02:24:17Z

Alamanahjurnalis.com - Kediri - Shalomalaichem adalah sebuah salam dalam bahasa Ibrani, yang berarti "Damai kiranya menyertaimu". Bentuk salam seperti ini lazim ditemukan di Timur Tengah. Versi bahasa Arabnya adalah AssalamualaikumSalam ini dilakukan dalam bentuk jamak - sehingga digunakan untuk menyalami banyak orang - meskipun misalnya digunakan untuk satu orang saja. Sebuah penjelasan religius untuk hal ini ialah bahwa orang menyalami baik tubuh maupun jiwa.

Sedangkan Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh yang artinya “Semoga keselamatan serta rahmat Allah dan juga keberkahan-Nya terlimpah untukmu” merupakan ucapan salam dalam bahasa Arab, dan digunakan oleh umat Islam.

Dalam QS An-Nisa Allah SWT berfirman : "Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan - salam - maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah selalu membuat perhitungan atas tiap-tiap sesuatu".

Rasulullah saw bersabda : " Salam" adalah nama dari nama-nama Tuhan, maka sebarkanlah di antara kamu. Salam adalah salah satu Al Asmaul Husnah yang artinya bahwa Allah yang maha selamat dari segala kekurangan dan sifat-sifat tertentu. 

Salam juga merupakan salah satu dari rukun Shalat, yaitu ketika mengucapkan salam ketika menoleh ke kanan dan ke kiri, padamu.

Salam bukan sekadar ungkapan kasih-sayang, tetapi memberikan juga alasan dan logika kasih-sayang yang diwujudkan dalam bentuk doa pengharapan agar anda selamat dari segala macam duka-derita. Salam mendoakan agar hidup dengan penuh kebaikan.

Ucapan salam juga bisa bermakna sebagai bentuk penghormatan atau penghargaan terhadap kodrat, harkat dan martabat manusia serta bisa mempererat pergaulan, persaudaraan dan jalinan silaturrahmi antar sesama manusia. 

Penulis : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update