Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Waduk Selorejo - Ngantang - Malang - Jawa Timur

| November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-12T22:47:55Z


Alamanahjurnalis.com - Malang - Bendungan Selorejo adalah sebuah bendungan yang dibangun di kaki Gunung Kelud di Selorejo, Ngantang, Malang, Jawa Timur untuk membendung Sungai Konto. Bendungan ini adalah bendungan pertama di Indonesia yang dibangun dengan teknik grauting untuk mencegah kebocoran bendungan, dengan kedalaman grauting rata-rata 30 meter.

Waduk Selorejo adalah bendungan yang dikelola Perum Jasa Tirta I dan dibangun pada tahun 1970. Bendungan ini memiliki luas sekitar 650 Ha dan terletak di ketinggian 600 mdpl, membuatnya senantiasa berudara sejuk. Menurut informasi, pihak pengelola setidaknya menyebar lebih dari 400 ribu bibit ikan per tahun ke dalam waduk.

Daya tarik utama yang membuat banyak orang penasaran ingin mengunjungi tempat ini ialah memiliki pesona alam yang menawan. Sebuah danau yang berukuran cukup luas ini dikelilingi view gunung yang megah, di antaranya Gunung Kawi, Anjasmara, Kelud, dan Gunung Arjuno.

Menikmati rasanya duduk-duduk di tepi waduk sembari mengamati nelayan yang menjaring ikan dengan dihiasi background gunung yang diselimuti awan, cantik bukan?


Angin sepoi-sepoi yang menemani wisatawan di kala siang akan terasa menenangkan, sehingga penatpun dapat hilang dan membuat betah.

Ditambah lagi, jernihnya perairan yang memantulkan pepohonan dan gunung yang membuatnya tampak semakin memukau. Di bendungan / waduk Selorejo ini kita bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari memancing, camping hingga kulineran.

Yang paling digemari para wisatawan yakni mengelilingi danau dengan perahu sewaan sambil berfoto selfie ala instagramable dengan spot foto yang keren.

Salah satu spot keren di waduk ini adalah jembatan gantung yang menarik karena jika kita berpose di atasnya akan terlihat sangat estetik sekali.

Aneka kuliner lezat yang ada di sekitar waduk dengan mencicipi aneka olahan menu lezat dari bahan-bahan segar dan baru diambil dari waduk.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini selain pagi hari sebelum jam sebelas juga pada sore hari menjelang matahari terbenam. Momen apik sunset yang menyuguhkan pemandangan indah. Warna jingga pantulan dari sinar matahari yang dihasilkan akan semakin mempercantik foto nantinya.

Di wisata Waduk Selorejo juga tersedia gedung pertemuan, tempat outbound, bumi perkemahan, taman bermain anak-anak, kolam renang, masjid, warung makan, pos keamanan, dan lain-lain, dengan jalan yang bagus dan area parkir yang luas.
×
Berita Terbaru Update