Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Memilih Pemimpin Nasional dalam Debat Pilpres 2024

| January 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-08T16:35:45Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Menurut Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, kampanye merupakan tahapan pemilu di mana peserta atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu dipersilakan untuk meyakinkan pemilih mengenai visi, misi, dan program yang diusung.

“Kampanye pemilu adalah kegiatan peserta pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan visi, misi, program dan/atau citra diri peserta pemilu,” demikian bunyi Pasal 1 angka 35 UU Pemilu.

“Dalam rangka pendidikan politik, KPU wajib memfasilitasi penyebarluasan materi kampanye pemilu presiden dan wakil presiden yang meliputi visi, misi, dan program pasangan calon melalui laman KPU dan lembaga penyiaran publik,” demikian Pasal 274 ayat (2) UU Pemilu.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan peraturan terkait kampanye untuk Pemilu 2024, yaitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023. Menurut aturan tersebut, masa kampanye Pemilu dimulai sejak 28 November 2023 - 10 Februari 2024.

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024
1. Debat Pertama (Capres)
Waktu: Selasa, 12 Desember 2023
Tema: pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga

2. Debat Kedua (Cawapres)
Waktu: Jumat, 22 Desember 2023
Tema: ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, perkotaan

3. Debat Ketiga (Capres)
Waktu: Minggu, 7 Januari 2024
Tema: pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional

4. Debat Keempat (Cawapres)
Waktu: Minggu, 14 Januari 2024
Tema: pembangunan berkelanjutan, lingkungan hidup, energi, sumber daya alam, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

5. Debat Kelima (Capres)
Waktu: Minggu, 4 Februari 2024
Tema: pendidikan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Debat capres dan cawapres 2024 bisa disaksikan melalui stasiun televisi berikut ini: TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, BTV

Di era digitalisasi yang penuh tantangan ini, diperlukan pemimpin; seorang komunikator politik, dalam hal ini paslon presiden, yang memiliki Communication skill yang memadai, kemampuan diplomasi yang handal, empati, kompetensi dan bisa menganalisis pesan secara kritis, tentang problematika yang dihadapi masyarakat. Untuk itu seyogyanya pelaksanaan debat bisa menjadi solusi dan pondasi untuk membangun negeri. Jadi, yang menjadi pekerjaan berat kita adalah bagaimana mencari pemimpin sejati dengan semangat dan optimis, bahwa segala sesuatu akan berubah, dan kita berharap perubahan kearah yang lebih baik bagi negara tercinta ini.
×
Berita Terbaru Update