Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Gronjong Wariti (Sungai Penghidupan) di Kediri

| February 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-26T03:10:28Z

Alamanahjurnalis.com - Kediri - Wisata Gronjong Wariti terletak di Desa Mejono, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, dekat Kampung Inggris Pare. 

Gronjong Wariti, nama Gronjong merujuk pada nama sungai itu sendiri. Wariti dari sebuah legenda atau cerita pewayangan Kangsa Adu Jago. Cerita ini di mana Adipati Kangsa yang tiap kali mati akibat pertarungan, bisa kembali hidup usai dimandikan di sendang Wariti. Dalam bahasa Sansekerta, Wariti yang berarti penghidupan, sehingga harapannya air bisa membawa penghidupan bagi masyarakat sekitarnya. 


Dahulu Gronjong Wariti adalah sungai yang kumuh dan kotor. Lalu pengurus desa dan penduduk lokal berinisiatif untuk menjadikannya bersih. Berkat usaha mereka tersebut, kini lokasinya menjadi salah satu tempat wisata keluarga favorit di Kediri. 

Sungai tersebut mempunyai panjang yang mencapai 1 km dengan panorama yang sangat asri. Selama perjalanan, wisatawan akan melihat suasana sungai yang jernih dengan barisan pohon bambu di kiri dan kanan sungai. 


Setidaknya ada lebih dari 25 persen total jumlah warga Desa Mejono terlibat dalam pengelolaan kawasan wisata ini, sebagai pemilik dari fasilitas yang ada di tempat wisata ini. Model investasi wisata besar skala desa itu milik masyarakat bersama. Omzet dari tempat wisata ini mencapai Rp. 100 juta satu bulan. 

Kegiatan-kegiatan menarik yang hingga kini total terdapat 37 wahana, antara lain:
- Susur sungai memakai perahu
- Berkeliling menggunakan ATV
- Flying fox
- Perahu kayuh
- Arum jeram
- Kereta kuda 
- Tanah lapang untuk kegiatan kelompok
- Balai pertemuan untuk tempat pertemuan, dll. 


Fasilitas yang ada :
- Spot foto menarik dengan ornamen dari bambu dan dicat dengan beragam warna
- beragam kuliner dan jajanan di tempat makan yang tersedia
- Bersantai di saung-saung bambu
- kolam renang, mushala hingga area parkir yang luas
- Belanja souvernir oleh-oleh khas Jawa Timur

Gronjong Wariti mendapat gelar Wisata Terbaik di Kabupaten Kediri tahun 2019. Gronjong Wariti, maknanya sesuai, ketika sungai ini bersih, warga bisa menjadikannya sumber ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. 


Keindahan alamnya yang masih alami dan udara segar yang terasa, menjadikan tempat ini sebagai surga tersembunyi yang sayang untuk dilewatkan.

Mari liburan merasakan keindahan alam pedesaan sambil merasakan sensasi petualangan yang seru di Gronjong Wariti. 

Referensi :
1. idntimes.com
2. jatimnetwork.com
3. tribunnews.com

Jurnalis : Ninik Qurotul Aini, Zackia FR
×
Berita Terbaru Update