Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sosialisasi Pembinaan Pancasila Digelar di Pemkot Balikpapan

| August 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-11T07:38:11Z


Alamanahjurnalis.com - Balikpapan - Acara Sosialisasi Pembinaan Pancasila Digelar di Auditorium Pemkot Balikpapan.
Dalam acara tersebut hadir Forkopinda Balikpapan serta seluruh perwakilan masyarakat Balikpapan pada Jumat (11/08/2023.).

Sekretaris Daerah Ir H. Muhaimin SH. mewakili Walikota Balikpapan Rahmat Masud yang lagi keluar daerah. Sebagai pembicara Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila  Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi MA., Ph.D.

Dalam keterangannya kepada awak media Yudian mengatakan "Pancasila sebagai dasar negara, sebagai falsafah juga sebagai penuntun. Kemana negara ini akan dituju. Maka temanya Pancasila sebagai penguat hari ini di Balikpapan." tuturnya.


Untuk menjaga kita mengambil langkah berlapis lapis .Yang paling pertama adalah kita menjadikan mata pelajaran Pancasila menjadi mata pelajaran khusus kembali seperti semula.Yang dimulai semester ini. Nanti akan ada peluncuran di Jakarta. Dan ada buku untuk TK ,SD SMP,SMTA. Di situ kita melalui pendekatan. Kalau dulu ada PKN jadi ini yang utama," lanjutnya.

Dari pertama itu 70 % itu lebih ke pengetrapan penghayatan. Nanti di sinilah kreativitas guru pada siswa itu dikembangkan.Yang 30% lebih kepada teori. Siapa penggali Pancasila kapan sidangnya itu yang kesatu.

Yang kedua kita mengambil apresiasi hikmah Pancasila.Kita juga bekerjasama salah satunya melalui Paskibraka. Paskubraka itu bagian dari kami remaja remaja ini menjadi tokoh yang dilapangan sebagai teman sebayanya. Supaya mereka nanti memperkuat Pancasila dan kemudian ada juga kerjasama dengan Pemerintah." tutupnya.

Jurnalis : Lilik.S
Editor.    : Djoko Kariyono.
×
Berita Terbaru Update